Februari 6, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Nabi (saw) pernah menghindari ikan gajah raksasa di padang pasir Saudi.

Al-Ula Arab Arab Saudi

Qawasan al-Ula Arab Saudi Berubah menjadi keramaian lagi setelah formasi batuan mirip ikan raksasa muncul berenang di lautan pasir keemasan.

Kawasan Al-Ula sebenarnya terkenal dengan kejadian gurun pasir yang terkadang tidak masuk akal. Meliputi area seluas 22.500 kilometer persegi, Al-Ula adalah salah satu lanskap gurun paling dramatis di dunia.

Secara historis, suku Nabataean kuno mendirikan kota utama mereka di selatan hingga utara lembah Al-Ula dan mengukir makam batu yang spektakuler di Madain Saleh. Madain Saleh sekarang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Suku Nabataean adalah orang Arab pra-Islam yang juga membangun situs Petra di Yordania.

Selain bebatuan dengan struktur menyerupai hiu raksasa, Al-Ula juga memiliki bebatuan yang menyerupai hewan lain, yakni gajah. Batu yang diberi nama Jabal Al Fil atau Gunung Gajah itu terletak di lokasi terpencil.

Jabal Al Fil adalah bagian dari kota Al-Ula di Provinsi Madinah, Arab Saudi. Berdekatan dengan Madain Saleh adalah sekelompok bebatuan yang diyakini sebagai pemukiman Samud yang berasal dari abad ke-1 SM hingga 74 Masehi. Jarak antara Jabal Al Feel dan Matein Saleh sekitar 10 kilometer.

Batu mirip gajah di Al Rasa, Arab Saudi Foto: (iStock)

Jabal berarti gunung dan Al Fil berarti gajah dalam bahasa Arab. Benarkah batu purba menyerupai gajah? Saat melihat objek atau foto di atas, setiap orang mungkin memiliki sudut pandangnya masing-masing. Ada yang bilang mirip, ada yang bilang tidak.

Nah soal ukuran, hampir semua suaranya sama. Jabal Al Feel benar-benar luar biasa. Ketika kami mengatakan gunung, kami mengerti bahwa itu besar.

READ  Daftar negara anggota NATO dan cara menghubungkan semuanya

Pengunjung Madain Saleh, biasanya berkelompok kecil, menyempatkan diri untuk melihat Jabal Al Feel. Untuk foto, kawasan ini sangat menarik. Bukan hanya gajahnya, tapi juga hamparan pasir keemasan dan keindahan batu-batu purba yang terlukis oleh alam.

Hegra atau Maden SalehHegra Adaw Matain Saleh, Makam Quno de al-Ula Foto: Royal Commission for Al-Ula

Meski terpencil, Jabal Al Fil sangat mudah dijangkau. Jalan mulus. Kota Al Ula, rumah bagi Jabal Al Feel, berjarak 4-5 jam berkendara dari Madinah. Selain kota kuno Maden Saleh dan Jabal Al Feel, kota ini juga memiliki banyak wisata alam.

Daerah yang dihindari oleh Nabi Muhammad SAW.

Beberapa waktu lalu, Madin Saleh dan Al Ula di Arab Saudi sempat menjadi sorotan publik. Kedua nama tersebut merupakan nama kawasan wisata yang konon dihindari oleh warga Saudi. Bahkan, kedua wilayah itu disebut-sebut pernah ditelantarkan oleh Nabi Muhammad.

Al Ula merupakan salah satu kota yang dibangun sebagai tujuan wisata. Namun, kota ini dikenal sebagai tempat yang ‘angker’.

Tonton videonya”Unik dan menakjubkan! Arab Saudi bangun kapal pesiar penyu
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/wsw)