Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

NASA mengungkapkan lanskap Mars yang jelas

NASA mengungkapkan lanskap Mars yang jelas

Tempo.co, Jakarta – Menambahkan robot penjelajah Mars NASA, gigih, mengirim gambar lanskap ‘asing’. Jika Anda tidak menyadarinya, Anda mungkin mengira itu dari lokasi syuting film.

Sejak mendarat di Mars pada Februari 2021, Perseverance telah mengeksplorasi pengumpulan sampel, melakukan pengukuran, dan merekam gambar untuk mencari tanda-tanda kehidupan. Robot itu berada di wilayah yang disebut Jezero, kawah selebar 28 mil yang diperkirakan terbentuk saat Mars bertabrakan dengan objek lain. Di tempat itu, sebuah sungai purba diyakini telah mengalir.

Dalam foto-foto yang dikirimkan Diligence, terlihat pemandangan dengan beberapa batu besar yang dipenuhi pahatan. Daerah yang tercatat pada 12 Juni mungkin telah terbentuk oleh aktivitas geologi yang terkait dengan sungai selama jutaan tahun. Daerah dengan banyak lapisan batuan dan sedimen disebut delta dan dianggap sebagai kandidat untuk menemukan bukti kehidupan — jika memang pernah ada.

Ini adalah zaman keemasan untuk foto-foto presisi tinggi Mars. Selain ketekunan, drone helikopter cerdas NASA mendokumentasikan area Jezero dari udara, sementara robot jelajah China Jurong mengamati dataran Utopia Planitia di sebelah timur.

Permukaan Mars difoto oleh penjelajah Mars Perseverance NASA NASA/JPL-Caltech/ASU

Namun, semua foto hanya menunjukkan satu sisi dari karya utama Kegigihan. Pesawat ruang angkasa robot sebelumnya telah membuat penemuan ilmiah penting, seperti mengungkap sejarah batu dan air di Jezero menggunakan radar penembus tanah dan mengukur kecepatan suara di atmosfer Mars.

Ilmuwan Baru

Baca selengkapnya:
Inilah rahasia di balik bakteri dan sel raksasa terbesar yang pernah ditemukan

READ  WHO mengirim tim ke Wuhan untuk menyelidiki asal Covit-19, bagaimana tanggapan China? Semua halaman