Juli 7, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Penjelasan terbaru Menpan-RB tentang apa yang terjadi pada pegawai honorer jika tidak lulus tes PPPK atau PNS

KOMPAS.com – Pada akhir Mei 2022, Kementerian Pendayagunaan Mesin Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengeluarkan surat edaran tentang status kepegawaian di Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah.

Surat Edaran No. B/185/M.SM.02.03/2022 tentang Status Kepegawaian pada Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah salah satunya. Larangan mempekerjakan pegawai di luar jajaran PNS dan PPPK.

Setelah 28 November 2023, instansi diminta untuk mengatasi masalah pegawai non-ASN yang tidak memenuhi syarat dan tidak lulus ujian CPNS dan PPPK.

Baca selengkapnya: Berikut syarat pengangkatan pegawai honorer menjadi PNS yang dihapuskan pada tahun 2023

Lalu, bagaimana nasib pegawai honorer yang tidak lulus ujian CPNS atau PPPK sebelum 28 November 2023?

Kasus seorang honorer yang tidak lulus tes PNS dan PPPK

Staf Kehormatan Dapat dipekerjakan sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan Kontrak Kerja (PPP) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS), tetapi seleksi harus diikuti dan berlaku sesuai persyaratan

Jika mereka tidak lulus atau tidak memenuhi persyaratan, seorang karyawan akan diangkat dengan metode berikut: outsourcing Sesuai kebutuhan Kementerian/Perusahaan/Daerah (K/L/D) (Outsourcing)

Pengangkatan personel dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan diharapkan dilakukan sesuai dengan karakteristik Kementerian Keuangan/Kementerian/Organisasi/Daerah (K/L/D).

“Jadi PPK tetap bisa bekerja di K/L/D outsourcing Menurut persyaratan mereka, itu tidak segera dihapus, “kata Rio de Janeiro, mengutip pernyataan resmi. Kompas.comJumat (3/6/2022).

Ia mengatakan, tenaga outsourcing juga bisa melaksanakan instansi pemerintah yang membutuhkan tenaga lain seperti sopir, petugas kebersihan dan satuan pengamanan.outsourcing) Oleh pihak ketiga.

Baca selengkapnya: Akankah PNS Kehormatan yang dihapuskan pada 2023 akan digantikan PNS?

Sesuai dengan aturan hukum

KOMPAS.COM/IKA Fitriana Menteri PANRB Tjahjo Kumolo pada acara pelantikan MPP di Makhelong, Jawa Tengah, Kamis (17/3/2022).

READ  Prediksi Manchester United Vs Wolves di Premier League, Dantem Maguire Mencurigakan