April 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pentingnya Tuning Jelang Perjalanan Mudik Lebaran

Pentingnya Tuning Jelang Perjalanan Mudik Lebaran

KLATEN, KOMPAS.com – Perjalanan jauh seperti mudik lebaran harus dipersiapkan dengan matang, termasuk ketersediaan kendaraan bekas seperti mobil pribadi.

Setidaknya lakukan itu Menyesuaikan Jadi seluruh bagian mobil diperiksa apakah masih dalam kondisi baik atau perlu diganti.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Karasi Auto Service Sukoharjo, mengatakan tune up merupakan proses pemeriksaan menyeluruh sehingga penting dilakukan.

Baca juga: Benarkah Oli Mesin Perlu Diganti Setiap Melakukan Tune Up?

Kompas.com/Erwin Setiawan Proses Perbaikan Mesin di Aha Motor Yogyakarta

Banyak komponen yang diperiksa kondisinya. Jika ada tanda-tanda kerusakan atau sudah waktunya diganti, konsumen akan diberitahu sehingga sangat tepat dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh, kata Muchlis kepada Kompas.com. Baru-baru ini.

Machlis menyarankan agar tune up dilakukan setiap 5.000 km pada setiap servis rutin atau bersamaan dengan penggantian oli mesin.

Tujuan dari tune up adalah untuk benar-benar mengembalikan performa mobil seperti baru, artinya memeriksa kondisi filter udara, apakah perlu diganti atau dibersihkan, sabuk penggerak, busi dan lain sebagainya. ujar Machlis.

Baca Juga: Sebelum Mudik Lebaran, Servis Mobil Anda Agar Tetap Prima

Deskripsi servis mobil di bengkel Mitsubishi di Tepok dibuka pada Kamis (7/3/2024).KOMPAS.com/DIO DANANANJAYA Deskripsi servis mobil di bengkel Mitsubishi di Tepok dibuka pada Kamis (7/3/2024).

Pemilik Mantri Auto Glutton Hasan Ariando mengatakan persiapan perjalanan jauh meliputi perawatan mobil, salah satunya tune up.

Melalui tuning, performa mesin mulai dari pembakaran, sistem pelumasan, sistem pendingin dan lainnya akan dipastikan dalam kondisi baik, kata Hasan kepada Kompas.com, Minggu (17/3/2024).

Hasan mengatakan, tune up sebelum melakukan perjalanan jauh akan menjamin kondisi kendaraan tetap prima sehingga membuat konsumen semakin percaya diri.

READ  Telegram kini memiliki fitur obrolan suara yang mirip dengan Discord

Baca Juga: Mitsubishi Buka Diler di Deboke, Kini Bisa Servis Mobil Listrik

“Semua temuan kerusakan atau hasil pemeriksaan dikomunikasikan kepada konsumen sebelum dilakukan penggantian, sehingga jika tidak mau mengganti sekarang bisa direncanakan nanti,” kata Hassan.

Hasan mengatakan agar mobil tidak mengalami kendala selama perjalanan karena mengurangi kenyamanan dan kelancaran.


Dapatkan pembaruan Berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com” dengan klik linknya https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.