Januari 30, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Perbandingan Wagner Rusia dan Blackwater Amerika Serikat

Memuat…

Personel Blackwater menjemput Paul Bremer, seorang administrator sipil AS, setibanya di Ramadi, Irak, pada Maret 2004. Foto/Peter Andrews/REUTERS

Moskow – Grup Wagner adalah perusahaan tentara bayaran Rusia. Grup tersebut dikatakan hanya bekerja untuk satu klien, yaitu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Wagner dikatakan berada di bawah kendali oligarki Rusia Yevgeny Prigozhin. Evgeny Prigozhin dikenal dekat dengan Putin. Wagner berkembang dari Afrika ke Timur Tengah.

Umumnya, pasukan Wagner digunakan untuk pertempuran atau aksi ofensif. Kegiatan Grup Wagner tidak terbatas pada Ukraina.

Karyawan Wagner Group di lokasi yang dirahasiakan. Foto/ssu.gov.ua

Grup ini juga beroperasi di negara-negara Afrika seperti Libya, Sudan, Mozambik, Mali, dan Republik Afrika Tengah. Ada sekitar 10.000 anggota Wagner.

Wagner juga melakukan pelatihan dan demonstrasi yang dilakukan di Republik Afrika Tengah. Mereka juga melakukan perlindungan rezim di Mali.

Baca selengkapnya: AS dilaporkan siap mengirim tidak hanya 1, tetapi 50 tank Abrams ke Ukraina

Wagner sering disebut pasukan bayangan Putin. Namun, Rusia selalu membantah bertanggung jawab. Wagner didirikan pada tahun 2014.

Karya terkenal Wagner terkait dengan aneksasi Krimea dari Ukraina. Namun, Rusia secara resmi mendeklarasikan wilayah itu sebagai bagian darinya setelah referendum.

Sedangkan Blackwater adalah perusahaan tentara bayaran Amerika. Perusahaan swasta juga dikenal sebagai yang terkuat di dunia.

READ  90% wanita tinggal di kota ini, banyak wanita cantik yang kesepian, masih perawan & ingin suami