April 21, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pertanyaan Science USA: Halaman Perubahan Kimia dan Perubahan Fisik

KOMPAS.com – Semua jenis zat dan zat dalam kehidupan sehari-hari dapat mengalami perubahan kimiawi atau fisik. Perubahan kimiawi adalah perubahan yang menciptakan material baru karena mengubah komposisi atau struktur material yang berubah.

Sedangkan perubahan fisik adalah perubahan yang hanya mengubah bentuk atau fase tanpa mengubah struktur benda. Apa saja contoh perubahan fisika dan kimia? Serta bagaimana mengidentifikasinya. Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Pertanyaan dan Diskusi

1. Pertimbangkan kejadian berikut:

(1) Ubah warna cabai hijau menjadi merah
(2) Karat pada pagar besi
(3) Persiapan es di lemari es
(4) Minyak esensial menguap saat tutupnya dibuka

Peristiwa yang mengalami perubahan kimia …

Menjawab: (1) dan (2)

Perubahan kimiawi menghasilkan bahan baru dan tidak dapat diubah. Metang cabai muda berubah menjadi hijau dan merah, yang disebabkan oleh reaksi kimia dari gas etilen yang menyebabkan buah menjadi matang.

Baca juga: Perbedaan kimia dan perubahan fisik

Proses pematangan buah ini bersifat permanen dan tidak dapat diubah, sehingga melibatkan perubahan kimiawi. Selain proses pematangan buah, pembusukan buah, layu dan pangkal makanan merupakan perubahan kimiawi.

Korosi pada besi merupakan reaksi oksidasi dan reduksi spontan (redoks) besi akibat kontak dengan air dan udara.

Reaksi redoks karat besi merupakan reaksi permanen yang menghasilkan karat berwarna coklat kemerahan dan besi rapuh serta tidak mengkilat.

Pembentukan es adalah proses di mana fase air mengeras dari air. Perubahan ini bersifat sementara dan tidak akan menghasilkan material baru karena es akan mencair kembali ke dalam air.

Baca juga: Reaksi reduksi oksidasi dan konsep redoks

Penguapan parfum adalah perubahan fase zat cair parfum yang menguap seiring dengan panasnya cuaca.

READ  Terlambat 2,5 tahun, proyek Bendungan Way Appu Rp. 1 triliun telah dipercepat. Halaman Semua

Saat cuaca kembali dingin, uap minyak wangi akan kembali menjadi cairan. Jadi, peristiwa (1) dan (2) adalah perubahan kimiawi, peristiwa (3) dan (4) adalah perubahan fisik.

2. Pertimbangkan kejadian berikut:

1. Kayu kering diubah menjadi kursi dan meja
2. Singkong dibuat menjadi tape
3. Kertas dipotong kecil-kecil
4. Kayunya dibakar menjadi arang

Perubahan fisik diwakili oleh angka …

Menjawab:

Kayu yang dijadikan kursi dan meja merupakan perubahan fisik karena kayu hanya berubah warna, tidak menjadi bahan lain karena bahannya adalah kayu. Jadi mengubah kayu menjadi meja, kursi, dan furnitur lainnya adalah perubahan fisika.

Baca juga: Definisi dan prinsip fungsional sel Volta

Singkong yang terbuat dari tape merupakan reaksi fermentasi alkohol yang bersifat anaerobik atau tidak membutuhkan oksigen. Fermentasi ubi kayu menghasilkan zat baru yaitu tape, ethanol dan karbondioksida yang merupakan modifikasi kimiawi.

Kertas yang dipotong kecil-kecil merupakan perubahan fisik karena kertas tidak menjadi bahan baru.

Modifikasi kimiawi dari kayu yang dibakar di atas arang. Pembakaran kayu merupakan reaksi pembakaran yang membutuhkan oksigen dan mengubah kayu menjadi material baru, seperti arang, abu dan asap pembakaran karbondioksida.

(Sumber: Compass.com/[Silmi Nurul Utami] Saya penulisnya: [Rigel Raimarda])