Maret 5, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

5 peristiwa astronomi sepanjang tahun 2020, mulai dari misi pengorbit matahari hingga laman lubang hitam

KOMPAS.com- Dunia benar-benar diganggu oleh epidemi Pemerintah-19 sejak awal tahun 2020. Namun bukan berarti para ilmuwan dan peneliti terus termotivasi untuk membuat penemuan-penemuan baru, salah satunya di bidang ini. Astronomi.

Di bidang astronomi, ada beberapa penemuan penting yang mendukung kemajuan ilmu pengetahuan yang patut kita rayakan.

Selain itu, kesempatan untuk melihat peristiwa astronomi beberapa saat yang lalu hanya bisa dilihat satu kali dalam hidup kita.

Di akhir tahun, Compass.com Ini mengundang Anda lagi untuk membuat kilas balik peristiwa astronomi penting sepanjang tahun 2020.

Baca juga: Berikut 5 peristiwa astronomi penting yang bakal terjadi di tahun 2020

Pusat tata surya kita adalah matahari. Namun masih banyak hal yang belum diketahui tentang bintang ini yang bisa mencapai 6.000 derajat Celcius.

Kolaborasi antara European Space Agency (ESA) dan NASA akhirnya memulai misi khusus untuk mengeksplorasi matahari.

Dinamakan Solar Orbiter, pesawat luar angkasa itu diluncurkan di Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida, AS. Compass.com, Minggu lalu (9/2/2020).

Baca juga: Venus terakhir, misi pengorbit matahari mendekati matahari

Pekerjaan pengorbit matahari memakan waktu total 7 tahun. Kendaraan ini akan melintasi Bumi dan Venus sebelum mencapai jarak terdekat dengan Matahari yaitu 42 juta km dari Matahari.

Kabar terakhir, pengorbit matahari berhasil melintasi planet Venus pada Minggu (27/12/2020). Peneliti berharap berbagai data yang dikumpulkan oleh Solar Orbiter akan membantu memecahkan misteri matahari yang belum terdistorsi.

Dilaporkan Compass.com, Senin (7/12/2020), saat tata surya lahir sekitar 4,6 miliar tahun lalu, setelah diperkirakan mengandung banyak bahan organik dan air, menjadi target studi peneliti Ryu.

Twitter Hayapusa-2 Jaxa / @ Haya2 e_Jaxa Kapsul mirip asteroid Ryu berhasil mendarat di Pedalaman Australia.

Pesawat luar angkasa Badan Antariksa Jepang (Jaxa) Hayapusa-2 juga dikirim untuk mengambil objek dari asteroid dan membawanya ke Bumi.

READ  Ceper Honda Vario 150, menempel pada jok sasis melengkung, melawan PCX150

Pendaratan asteroid 300 juta km dari Bumi berhasil dilakukan pada 2019. Setelah setahun menunggu, Hayabusa-2 akhirnya kembali ke Bumi pada Minggu (6/12/2020) dengan model asteroid.

Kapsul berisi sampel asteroid diturunkan di dalam Australia dan kemudian dikirim ke Jepang. Menariknya, Hayabusa-2 berhasil membawa sampel gas dari Riyakh. Sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Model ini akan memberikan petunjuk tentang bagaimana materi didistribusikan di tata surya dan tentu saja mempelajari seperti apa kehidupan di Bumi.

Baca juga: Tidak hanya model asteroid Ryu, tetapi Hayapusa-2 juga membawa pulang benda ini

Sekarang setelah Anda berhasil menghasilkan model yang berharga, pekerjaan untuk Hayabusa-2 berikutnya akan segera siap. Salah satunya dikirim pada 2029 untuk mempelajari asteroid Apophis, yang berpotensi mengancam Bumi.

3. Misi Lagu5 Berhasil mendarat di bulan

Karya bersejarah lainnya tahun ini adalah Lagu 5. Robot penerbang Badan Antariksa Nasional China (CNSA) berhasil mendarat di bulan pada Selasa (2/12/2020).

Ini adalah pertama kalinya materi bulan terkumpul kembali setelah 44 tahun tanpa pemulihan. Sebagai catatan, model bulan terakhir dilakukan oleh misi Luna 24 Rusia pada tahun 1976.

Kamis Saturnus Merger 21 Desember 2020Shutterstock / Michael Story Kamis Saturnus Merger 21 Desember 2020

Change 5 kemudian berhasil dikembalikan ke Bumi pada Rabu (16/12/2020) setelah mengumpulkan sekitar 2 kg material bulan. Dengan model tersebut, para ilmuwan dapat memahami sejarah Bulan dan menemukan bagaimana Bumi dan Tata Surya terbentuk.

4. Link puncak Jupiter-Saturnus

Konjungsi Besar Jupiter-Saturnus adalah peristiwa astronomi langka yang akan selesai pada tahun 2020. Peristiwa langit ini terjadi hanya sekali setiap 800 tahun. Itu tidak harus dilihat dua kali seumur hidup.

Dalam peristiwa ini, Yupiter dan Saturnus melintasi garis gerhana sehingga kedua planet tersebut sangat dekat sehingga terlihat dari Bumi. Bagi kebanyakan orang, kedua planet tampak sebagai titik tunggal yang sangat terang.

READ  Kecuali Indonesia, negara-negara berikut menggunakan vaksin Sinovac

Baca juga: Para astronom menemukan lubang hitam baru di dekat Bumi, apa istimewanya?

Para astronom mengumumkan Rabu (6/5/2020) jika ditemukan Lubang hitam Baru. Lubang hitam HR 6819 adalah lubang hitam terdekat dengan Bumi dan berjarak 1.120 tahun cahaya dari Bumi.

Menurut astronom amatir Indonesia Marufin Sudipio, lubang hitam itu lima kali lebih berat dari matahari dan tidak aktif, artinya tidak memancarkan gelombang elektromagnetik dalam jumlah yang signifikan.

Untungnya, meski tergolong dekat dengan Bumi, lubang hitam ini tidak berpengaruh pada Bumi.