Juni 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Quasicrystal langka adalah kristal aneh yang dibentuk oleh petir

Quasicrystal langka adalah kristal aneh yang dibentuk oleh petir

Memuat…

Kristal aneh yang disebut quasicrystals, yang langka di alam, terbentuk saat petir menyambar gundukan pasir di Nebraska, AS. Foto/NOAA/Pohonhugger

RomaKristal Quasicrystals yang terbentuk oleh sambaran petir adalah hal aneh yang jarang ditemukan di alam Petir Itu menabrak gundukan pasir di Nebraska, Amerika Serikat. Penemuan petir fulgurite atau fosil ini menunjukkan pembentukan quasicrystals yang sebelumnya tidak diketahui.

Ilmuwan mengatakan bahwa quasicrystal adalah susunan materi yang pernah dianggap mustahil. Penemuan ini membuka jalan baru untuk sintesisnya di laboratorium.

“Penemuan quasicrystal dalam fulgurite dengan simetri 12 kali lipat yang langka dan komposisi yang sebelumnya tidak dilaporkan,” lapor tim peneliti yang dipimpin oleh ahli geologi Luca Bindi dari University of Florence, Italia.

Baca juga; Penjelajah Ketekunan NASA telah menemukan kristal batu di Kawah Jezero di Mars

Sebagian besar kristal di alam, dari garam sederhana hingga intan keras, mengikuti pola yang sama. Atom disusun dalam struktur kisi berulang dalam ruang tiga dimensi.

Quasicrystals atomnya tersusun dalam suatu pola, tetapi polanya tidak berulang. Padatan tanpa struktur atom berulang ini biasanya berupa tumpukan atom.

“Penyelidikan saat ini dirancang untuk mengeksplorasi kemungkinan mekanisme berbeda yang diilhami alam untuk pembentukan quasicrystals, yaitu pelepasan listrik,” kata Luca Bindi.

Saat ide quasicrystals pertama kali muncul pada tahun 1980-an, konsep tersebut dianggap mustahil. Belakangan para ilmuwan benar-benar menemukannya jauh di dalam meteorit di laboratorium dan di alam.

Baca juga; Harta karun berupa ratusan batu kristal transparan yang terkubur di cagar alam Inggris

Sejak itu, para ilmuwan telah menetapkan bahwa quasicrystals di alam hanya dapat terbentuk dalam kondisi ekstrem dengan guncangan, suhu, dan tekanan yang sangat tinggi. Petir adalah salah satu kekuatan alam yang paling kuat, menyambar dengan kecepatan ekstrem dan mampu memanaskan udara yang dilaluinya hingga 5 kali suhu permukaan Matahari.

Ketika menyentuh tanah di tempat yang tepat dengan kekuatan yang cukup, ia melelehkan pasir dan meninggalkan bulgurite, ‘fosil’ dari jalur yang dilaluinya di tanah. Kemudian Bindi dan rekan fisikawannya Paul Steinhardt dari Universitas Princeton memperoleh sampel fulgurite dari wilayah Sandhills di Nebraska.

READ  AHY Mereka disarankan untuk menempuh jalur perlawanan sehingga mereka dapat menangkap ...

Untuk menentukan komposisi kimia dan struktur kristalnya, dilakukan pemindaian mikroskop elektron dan mikroskop elektron transmisi. Sampel mengandung pasir yang digabung dan jejak logam cair dari kabel listrik.

Di dalamnya, para peneliti menemukan quasicrystal dodecahedral (dua belas sisi) dengan komposisi yang sebelumnya tidak dilaporkan Mn72.3Si15.6Cr9.7Al1.8Ni0.6. “Pelepasan listrik mungkin telah memainkan peran penting tidak hanya dalam menjelaskan kondisi reduksi yang diperlukan, tetapi juga dalam mendorong pembentukan quasicrystal,” kata Steinhardt.

(wib)