April 22, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Deskripsi Pelangi

Rahasia Alam Semesta: Ternyata pelangi terbaik di dunia ada di Hawaii

KOMPAS.com- Di pelangi Ada Fenomena alam Itu selalu menarik perhatian banyak orang. Namun, tahukah Anda Di pelangi Terbaik Bumi ini Hawaii?

Kepulauan eksotis di Amerika Serikat ini memiliki kelimpahan menakjubkan dari beberapa fenomena optik paling spektakuler di alam.

M? Sebuah studi baru yang dirilis oleh seorang ahli meteorologi di University of Hawaii di Noah menunjukkan Hawaii sebagai tempat terbaik di bumi untuk menyaksikan keajaiban pelangi.

Laporan dari Fisika, Jumat (12/3/2021), ilmuwan ini mulai menyoroti makna budaya pelangi Hawaii.

Studi tentang surga pelangi di Hawaii telah dipublikasikan di jurnal tersebut Buletin Asosiasi Meteorologi Amerika.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Bagaimana warna pelangi terbentuk?

Selanjutnya, para ilmuwan melihat ilmu pelangi dan kombinasi khusus dari keadaan yang membuat Hawaii menjadi surga bagi pelangi.

“Arti penting budaya pelangi tercermin dalam bahasa Hawaii, yang memiliki banyak kata dan frasa untuk menggambarkan berbagai ekspresi di Hawaii,” kata Steven Pusinger, profesor dan profesor di Sekolah Ilmu dan Teknologi Kelautan dan Bumi UHM Nova.

Pelangi batas bumi (Yukoko), sumbu pelangi (K? Berbukit), pelangi yang hampir tak terlihat (Punakeya) dan Pose Bulan (? nuenue kau po?).

Dalam mitologi Hawaii, pelangi adalah simbol transformasi dan jalur antara bumi dan surga, yang ditemukan di banyak budaya di seluruh dunia.

Baca juga: Awan pelangi di Tokyo, bisakah kejadian ini terjadi di Indonesia?

Jadi, bagaimana Hawaii bisa menjadi surga pelangi?

Pelangi terbentuk dari hujan dan sinar matahari, keduanya merupakan bahan utama dalam menciptakan fenomena optik yang spektakuler ini.

Untuk melihat pelangi di tanah datar, matahari harus berada 40 derajat dari cakrawala.

READ  Oppo Renault 5 4G diluncurkan di Vietnam, lihat spesifikasi dan harganya

Saat matahari pagi terbit dengan sudut tinggi di langit, ketinggian pelangi berkurang hingga tidak ada pelangi yang terlihat di atas cakrawala.

Pola ini dibalik saat matahari terbenam di sore hari, dengan pelangi muncul di ufuk timur dan pelangi tertinggi sesaat sebelum matahari terbenam.

Rahasia alam semesta Lokasi dan sifat pulau-pulau ini bertanggung jawab atas banyak pelangi yang mungkin terbentuk di Hawaii.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Munculnya Pelangi Saat Lebaran, Kenapa Melengkung?

SHUTTERSTOCK / MIKE MAREEN Deskripsi Pelangi

Ini karena Kepulauan Hawaii terletak di wilayah Pasifik subtropis, dengan iklim keseluruhan yang didominasi oleh angin perdagangan dan langit cerah di antara sering hujan dan hujan es.

Pusinger menjelaskan, ada empat faktor tambahan yang mempengaruhi penyebaran pelangi di seluruh pulau.

“Pada malam hari permukaan laut yang hangat menghangatkan atmosfer dari bawah, sedangkan radiasi ke angkasa mendinginkan puncak awan, mengakibatkan hujan lebat di pagi hari, yang menciptakan pelangi saat sarapan (dini hari),” kata Pusinger.

Faktor penting lainnya dalam pembentukan pelangi yang sempurna adalah Pegunungan Hawaii, di mana aliran udara didorong ke atas, membentuk awan dan menciptakan hujan.

Tanpa pegunungan, Hawaii akan menjadi gurun dengan curah hujan kurang dari 17 inci.

Baca juga: Kejadian bodoh beberapa pelangi di Hari Raya, PMKG.

Sementara itu, faktor ketiga yang mendukung munculnya pelangi adalah pada hari-hari yang panas, yang meningkatkan sirkulasi udara di seluruh pulau.

Selama periode angin sepoi-sepoi, akan ada hujan lebat pada sore hari di puncak di balik pegunungan di atas Oahu dan Kauai.

Kondisi menciptakan banyak pelangi saat matahari terbenam.

Kepulauan Hawaii yang terpencil membuat udaranya sangat bersih dan bebas dari polusi, debu, dan serbuk sari.

READ  Asteroid terbesar tahun 2021 akan melintasi Bumi bulan depan, berapa ukurannya?

Ini adalah empat faktor yang berkontribusi menjadikan Hawaii sebagai surga pelangi di bumi.

Baca juga: Acara Rainbow Cloud di Tokyo, Apa Itu? Ini adalah penjelasan ahli