Desember 2, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Ratusan mumi telah ditemukan di dekat makam firaun Mesir Tutankhamun.

KOMPAS.com- Tidak jauh dari makam Firaun Mesir Tutankhamun, arkeolog menemukan piramida dengan peti mati, ratusan tumpukan. Lilinartefak, serta serangkaian terowongan yang saling berhubungan.

Para peneliti membuat penemuan selama penggalian selama dua tahun terakhir di Saqqara, sebuah situs arkeologi di Giza, yang terletak sekitar 32 km selatan Kairo.

Menurut peneliti, benda-benda bersejarah tersebut ditemukan di sebuah piramida milik Teti, raja pertama dinasti keenam Mesir.

“Teti disembah sebagai dewa selama Kerajaan Baru, jadi orang ingin dikuburkan di sebelahnya,” kata Zahi Hawass, ahli Mesir yang mengerjakan penggalian dan menjabat sebagai menteri barang antik Mesir.

Namun yang menarik, sebagian besar penguburan di Saqqara adalah milik Kerajaan Lama atau periode selanjutnya.

Baca selengkapnya: Mumi Mesir Berusia 2.000 Tahun Ini Menderita Kanker Hidung, Ada Apa?

Ratusan orang mumi Mesir Dan artefak yang baru ditemukan ini penting karena semuanya milik apa yang disebut Kerajaan Baru Mesir (yang berlangsung dari abad keenam SM hingga abad ke-11 SM).

“Pemakaman Kerajaan Baru tidak umum di wilayah tersebut, jadi ini benar-benar unik di situs Saqqara,” kata Hawass.

Dikutip Ilmu langsungPada Sabtu (19/11/2022) para peneliti mengungkapkan bahwa mereka telah menemukan 22 terowongan yang saling berhubungan dengan kedalaman mulai dari 9 hingga 18 meter.

Selain itu, para arkeolog menemukan sarkofagus batu kapur besar dengan 300 peti mati indah dari periode Kerajaan Baru.

Peti mati berisi ratusan mumi Mesir ini juga unik karena memiliki wajah tersendiri yang membedakan laki-laki dari perempuan.

Baca selengkapnya: Arkeolog telah menemukan ratusan mumi di makam Mesir kuno

Khaled Desoghi/AFP via Getty Images via Live Science Ratusan mumi telah ditemukan di Mesir. Para arkeolog menemukan peti mati, atau sarkofagus, di pekuburan kuno Saqqara.

Peti itu dihiasi dengan adegan-adegan dari Kitab Orang Mati (teks pemakaman Mesir kuno).

READ  Ibu pedesaan ini tumbuh dan menghasilkan makanannya sendiri

Setiap peti mati menyandang nama almarhum dan menunjukkan keempat putra Horus menjaga organ almarhum.

Namun, yang mengejutkan adalah ketika para peneliti mengangkat tutup peti mati, mereka menemukan mumi Mesir masih dalam kondisi baik setelah berabad-abad.

“Ini menunjukkan bahwa mumifikasi mencapai puncaknya di Kerajaan Baru,” kata Hawass.

Beberapa peti mati memiliki tutup dan salah satu peti mati paling spektakuler yang pernah memiliki topeng wanita yang seluruhnya terbuat dari emas.

Baca selengkapnya: Penemuan mumi yang dibalsem memberikan petunjuk tentang proses mumifikasi Mesir

Hawass mengatakan peti mati dan situs pemakaman berisi berbagai artefak, termasuk senet permainan kuno, shabtis (patung kecil), patung dewa Ptah-Sokar dan kapak logam.

Selain itu, para peneliti menemukan piramida, identitas seorang ratu yang sebelumnya tidak diketahui.

“Kami menemukan bahwa namanya adalah Nith, dan dia tidak pernah diketahui dari catatan sejarah,” kata Hawass.

“Sungguh menakjubkan menulis ulang apa yang kita ketahui tentang sejarah dan menambahkan ratu baru ke dalam catatan kita,” pungkasnya.

Beberapa peti mati dan barang antik yang ditemukan di situs penggalian akan dipajang di Museum Agung Mesir di Giza tahun depan.

Baca selengkapnya: Penggalian makam Cleopatra di Mesir menemukan puluhan mumi


Dapatkan pembaruan Berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link nya https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.