Juni 22, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Ribuan Masyarakat Targetkan 4.000 Lowongan Kerja di Job Fair Pemprov Jatim 2023

Ribuan Masyarakat Targetkan 4.000 Lowongan Kerja di Job Fair Pemprov Jatim 2023

Ribuan orang mengantri dari lantai 2 menuju lantai 6 Galaxy Mall 2 untuk mengikuti Merdeka Career Fair 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur.

Salah satu pencari kerja, Verdien (25), datang dari Galaxy Mall sejak pukul 09.00 WIB. Seseorang asal Mojokerto ingin mencari pekerjaan di bursa kerja kali ini karena peluang kerjanya beragam.

“Kali ini idenya adalah mencari lowongan sebagai software developer di job fair. “Tapi harus scan dulu boothnya dan lihat lowongan apa saja yang ada,” kata Verdi saat ditemui di tengah antrian, Selasa (19/9/2023).

Masyarakat mengantri pada job fair 2023 di Galxy Mall 2 pada Selasa (19/9/2023). Foto: Wildan Suarasurabaya.net

Dari pengamatan suarasurabaya.net, Sejak pukul 10.00 WIB antrian sudah mulai menjalar. Bahkan saking penuhnya, mereka harus bergantian naik.

Rata-rata jumlah peserta yang mengikuti bursa kerja tahun ini masih sama lulus. Sementara itu, Gubernur Jatim Gobifa Indar Prabanza hadir meresmikan acara yang berlangsung pada Senin-Selasa (19-20/9/2023).

Kofifa mengatakan harus ada keselarasan antara kebutuhan dunia kerja dan dunia usaha dengan keterampilan yang dibutuhkan masyarakat.

Jadi, masyarakat perlu mengecek kebutuhan dunia kerja, apa saja kebutuhannya, kata Kofifa.

Pada bursa kerja kali ini terdapat 57 perusahaan dengan 500 lowongan kerja dalam dan luar negeri serta kebutuhan karyawan sekitar 4.000.

Gubernur Jatim Kofifa Indar Parawanza meninjau salah satu booth UMKM pada job fair, Selasa (19/9/2023). Foto: Wildan Suarasurabaya.net

Selain itu, Pemprov Jatim juga mengikutsertakan dan mendorong pekerja penyandang disabilitas dengan memberikan kesempatan kerja melalui Dinas Tenaga Kerja dan Disabilitas Jatim.

“Ini merupakan komitmen kami dalam menyediakan lapangan kerja bagi penyandang disabilitas,” kata Gubernur Jawa Timur. (wld/iss/ipg)