Desember 3, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Rumus mikroskop untuk memperbesar objek

Bulan dingin muncul di langit di atas Indonesia pada 30 Desember 2020. Menurut Laban, puncak purnama terjadi pada pukul 10.00 WIB dan purnama di Indonesia bagian tengah dan timur terjadi pada siang hari.

Kita sering mengetahui bahwa bulan purnama di bulan Desember adalah bulan purnama atau bulan purnama. Kemudian malam bulan purnama atau malam bulan purnama.

Bulan purnama yang dingin

Memperkenalkan Express, kami tahu bahwa tanggal 13 dan terakhir tahun 2020 akan menjadi bulan purnama yang dingin. Itu juga berdasarkan laporan resmi dari Royal Greenwich Laboratory.

Kedatangan musim (winter) di bulan Desember mengungkapkan saat orang menyebut bulan purnama sebagai bulan purnama yang dingin. Lalu, ada nama lain seperti Long Knight Moon dan Oak Moon.

Bulan purnama Bulan Emas mengalami fase bulan purnama atau menunjukkan wajah penuhnya di Bumi sebulan sekali. Sebagian besar waktu setelah itu, bulan tidak semuanya ‘lengkap’.

Sementara itu, kita selalu melihat bagian bulan yang sama, tetapi sebagian ada di dalam bayang-bayang. Saat Bulan, Matahari, dan Bumi berada dalam kesejajaran yang sempurna, Bulan akan 100 persen penuh, menyebabkan gerhana bulan.

Kemudian, terkadang saat bulan berwarna biru, bulan purnama terjadi dua kali sebulan atau empat kali dalam satu musim.

Baca Juga: Mitos Seputar Bulan Purnama: Salah satunya Bisa Bikin Gila, Benarkah?

Bulan purnama terjadi pada 30 Desember

Kali ini, gerhana bulan dingin terjadi pada 30 Desember 2020 dan muncul dengan ‘wajah’ penuh pada malam sebelum dan sesudah waktu puncak.

Nama atau julukan acara ini adalah Bulan Emas. Namun, ia juga memiliki julukan lain karena perbedaan budaya di tiap daerah dan negara. Peristiwa ini dapat diprediksi dengan jelas untuk semua zona waktu.

Bulan akan memiliki orbit tertinggi di luar angkasa. Ini akan memberikan tampilan maksimal untuk malam yang cerah dan tidak berawan.

Kemudian ada informasi bahwa bulan purnama hampir purnama, mulai dari siang terjadi hingga malam setelah puncak bulan purnama.

Bahkan bulan purnama di bulan dingin sangat mudah dilihat. Kemudian, Anda akan dengan mudah melihat pemandangan langit yang jelas. Meskipun gangguan cahaya buatan seperti lampu dan polusi cahaya jarang terjadi.

Ini karena bulan terbit sebelum matahari terbenam di ufuk barat, dan Anda akan melihatnya di ufuk sebelum senja. Acara Bulan Emas ini adalah salah satu acara terpenting dan bermanfaat bagi para pengamat bintang.

Sejak itu, ia juga memberikan acara hujan meteor terbaik di bulan Desember 2020. Ada juga gerhana matahari total, bahkan Saturnus, konjungsi terbesar Jupiter.

Baca Juga: Gerhana Bulan Penumbra Akan Terjadi Akhir Tahun Ini, Catat Tanggalnya!

Peristiwa bulan purnama sepanjang tahun 2020

Selain Bulan Emas, ada peristiwa lain dari Bulan Serigala Purnama hingga Bulan Pemburu Purnama.

Full Wolf Moon: 10 Januari

Fenomena ini disebut peristiwa bulan purnama ketika banyak serigala mengaum di luar desa di India pada musim dingin. Fenomena ini juga dikenal sebagai bulan tua atau bulan salju purnama.

Pasalnya, belahan bumi timur mengalami gerhana bulan penumbra dan sisi bawah serta tengahnya lebih gelap.

Full Pink Moon: 7 April

Bulan merah muda ini muncul di langit di Boston, AS. Fotografer Chris Cook menangkap bulan purnama yang tampak merah-oranye di malam hari. Ini karena ada debu dan serbuk sari di udara akibat atmosfer berkabut yang pekat.

Full Hunter’s Moon: 31 Oktober

Fenomena ini juga dikenal sebagai bulan biru. Karena saat itu ada pemburu hewan yang mencari makan setelah musim panen.

Mereka dapat menangkap permainan dengan mudah karena ladang kosong dan mereka dapat dengan mudah menemukan hewan yang berkeliaran.

Bulan dingin purnama: 30 Desember

Ini karena ketika musim dingin terjadi di bagian utara bumi, itu adalah malam yang sangat panjang dan gelap. Karenanya fenomena ini disebut juga bulan malam panjang.

Ini menyajikan hal-hal baik yang akan datang di tahun 2021, setelah peristiwa bulan purnama dingin terakhir di tahun 2020. (R10 / HR Online)

Penerbit: Jujang

READ  Pidato dengana Mata Berkaca-kaca, Penguasa Ini Umumkan Boikot Pemilu dan Mundur dari Dunia Politik