September 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Salah satu penyebab kerusakan transmisi mobil matic adalah tidak terlalu lama menahan tuas pada gigi ini.

Dwi Wahyu R./GridOto.com

Inilah mengapa transmisi mobil matic tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk meletakkan tuas di gigi L.

Ottomania.com – Oleh karena itu salah satu penyebab kerusakan transmisi Mobil maticJangan menyimpan tuas terlalu lama di gigi ini.

Bagi sobat Utsmaniyah yang sering menyetir atau memiliki mobil matic, pasti paham dengan hal yang satu ini.

Saat memasuki jalan menanjak atau curam, pengemudi mobil matic biasanya menggeser posisi tuas ke gigi L (rendah).

Misal, kalau belum tahu, posisi L membantu menjaga gearbox tetap di gigi yang lebih rendah sehingga mesin bisa meningkatkan torsi.

Nah, yang perlu diperhatikan adalah jika Anda sering menabrak mobil di gigi rendah pada putaran mesin tinggi, bisa jadi itu biang keladi masalah di kemudian hari.

Kepala bengkel Nissan Chetyapudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan komponen kopling ganda dan kopling cakram CVT Mobilematic Sabuk CVT dan katrol bergesekan dan dapat tergelincir karena panas berlebih.

“Risiko selip CVT karena kebiasaan pengemudi yang terus menerus menggunakan gigi L dengan rpm tinggi. Padahal, belum tentu mesin bisa mencapai torsi maksimal sambil menahan mobil di rpm maksimal. Garis merah,” kata Tika selaku dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pengguna mobil matic di daerah perbukitan adalah tidak memindah posisi gigi transmisi dari D ke N atau P saat terjebak macet.

“Pengemudi sering menjaga posisi gigi transmisi pada posisi D atau L dengan tujuan agar lebih mudah melaju. Namun cara ini sangat berbahaya karena komponen gearbox pada transmisi memanas. Oleh karena itu, siklus pelumasan oli transmisi menjadi lambat. dan menyebabkan keterlambatan waktu respon perpindahan gigi,” katanya.

READ  Kebiasaan pengendara skuter membuat CVT dan V-belt akan cepat rusak

Penjelasan.  Pada mobil matic gear L biasanya digunakan saat melintasi tanjakan.

Imron Noorshodiq / GridOto.com

Penjelasan. Pada mobil matic gear L biasanya digunakan saat melintasi tanjakan.