Maret 1, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Sejumlah fenomena alam langka akan terjadi pada April 2024, salah satunya gerhana matahari total

Sejumlah fenomena alam langka akan terjadi pada April 2024, salah satunya gerhana matahari total

Technolog.id, Jakarta – Pada bulan April 2024 akan terjadi fenomena alam langka yaitu gerhana matahari total. Sayangnya peristiwa unik tersebut belum bisa disaksikan masyarakat Indonesia karena hanya terjadi di Amerika.

Gerhana matahari total, yang dikenal sebagai Great American Eclipse, akan melintasi sebagian Meksiko, Amerika Serikat, Kanada, dan 15 negara bagian lainnya pada 8 April. Gerhana tersebut diperkirakan akan menghalangi Matahari selama total empat menit 27 detik, atau hampir dua kali lipat waktu gerhana total pada Agustus 2017.

Baca selengkapnya:
BYD sedang memproduksi dan meluncurkan SUV listrik baru bernama Yuan Up dalam waktu dekat

Menurut NASA, gerhana akan melintas ke arah timur laut dari Meksiko, Arkansas, Illinois, Indiana, Kentucky, Maine, Missouri, New Hampshire, New York, Ohio, Oklahoma, Pennsylvania, Texas, dan Vermont.

“Sebagian kecil Tennessee dan Michigan juga akan mengalami gerhana total, dan 48 negara bagian terdekat akan dapat melihat gerhana sebagian,” kata NASA.

Sedangkan gerhana matahari total akan memasuki Kanada selatan Ontario, melewati Quebec, New Brunswick, Prince Edward Island, dan Cape Brendan sebelum berakhir di Newfoundland.

Baca selengkapnya:
6 Tim Komunitas dan Profesional Dipastikan Bertanding di Free Fire World Series di Indonesia 2024

Sebagai referensi, gerhana matahari total terjadi di lokasi yang sama kira-kira setiap 375 tahun sekali. Terakhir kali AS menyaksikan peristiwa ini adalah pada 21 Agustus 2017, gerhana matahari total berikutnya baru akan terjadi di AS pada tahun 2044.

READ  7 Artis Ingin Masuk Neraka, Nikita Mirzani Merasa Tak Bisa Masuk Surga

Selain gerhana matahari total, juga akan terjadi peristiwa astronomi pada bulan April 2024, dimana Komet Ponce-Brooks akan terlihat pada puncak kecerahannya pada tanggal 21 April, dimulai pada bulan Maret. Tak hanya itu, pada 20 April mendatang, Jupiter dan Uranus akan berada pada jarak terdekatnya.