Maret 2, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Selain Mahfoud, beberapa menteri di kabinet Jokowi akan segera mundur, kata Sekjen PDIP itu.

Selain Mahfoud, beberapa menteri di kabinet Jokowi akan segera mundur, kata Sekjen PDIP itu.

Senin, 29 Januari 2024 – 05:50 WIB

Bandarlampung – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristianto mengatakan desakan terhadap Cawapres Nomor Urut 03 Mahfud MD agar mundur dari jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menunggu langkah yang tepat.

Baca selengkapnya:

Pada debat capres terakhir, Kanjar akan memamerkan prestasinya sebagai gubernur

Sebelum mengundurkan diri, Mahfut akan menyelesaikan tugasnya sebagai Menko Polhukam sambil menunggu langkah yang tepat untuk keluar dari Kabinet.

Bagh Mahfud akan mengundurkan diri jika tugasnya sebagai pegawai negeri dilakukan secara online untuk menyelesaikan permasalahan terkait kejahatan pertanahan dan keuangan rakyat, kata Hasto. Tanggal 28 Januari 2024 adalah hari Minggu.

Baca selengkapnya:

TKN mengaku menemukan kecurangan pemilu di Jawa Tengah dan Jawa Timur, cara mengutak-atik surat suara

.

Sekjen PDIP Hasto Cristiano Bandar berkampanye di Lampung

Selain Mahfud MD, banyak menteri lain yang juga akan mengundurkan diri, kata Hasto. Hal ini terlihat dari rapat kabinet yang sudah tidak nyaman dan bias Presiden dalam pelaksanaan Pilpres 2024.

Baca selengkapnya:

Tanggapan Anies Baswedan saat ditanya apakah akan menormalisasi HTI dan FPI jika menjadi presiden

“Kami mendapat banyak informasi bahwa situasi rapat kabinet saat ini tidak lagi seperti dulu. Selain itu, ada kecenderungan Presiden Jokowi memihak salah satu calon wakil presiden,” ujarnya.

Menurutnya, keputusan mundurnya Mahfoud penting untuk memberikan contoh peningkatan kualitas demokrasi. Contoh seperti ini tidak terlihat sekarang akibat berbagai pihak menyalahgunakan kekuasaan yang seharusnya netral.

“Terlihat Pak Mahfut telah menyelesaikan banyak tugas mendesak, termasuk menyelesaikan permasalahan pertanahan di Rembang, Kepulauan Riau. Ini yang perlu diselesaikan karena menyangkut hajat hidup orang banyak,” kata Hasto.

Ia menambahkan, tidak segera mundurnya Mahfoud MD dari jabatannya hanya untuk menghindari spekulasi, selain karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Mahfoud MD.

Sebelumnya, calon presiden Kanjar Baranovo membeberkan waktu yang tepat bagi Mahfut MD untuk mengumumkan resmi pengunduran diri Mahfut dari kabinet Presiden Joko Widodo.

Menurut Kanjar, rencana Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhugam) mundur dari jabatannya sudah direncanakan sejak lama, bukan lancang karena rasa ketidaksukaannya terhadap Presiden Jokowi.

Selain itu, rencana mundur Mahfut juga tidak terkait dengan pimpinan partai tertentu, melainkan sempat dibicarakan dengan Ganjar Pranovo beberapa waktu lalu.

Surat pengunduran diri Mahfut akan diserahkan ke Istana dalam beberapa hari lagi, kata Kanjar Baranovo kepada media massa usai kampanye besar-besaran di Ruteng Mangarai, Nusa Tenggara Timur, Jumat, 26 Januari 2024.

“Kami melakukan diskusi bersama yang sangat bagus, diskusi yang sangat panjang, dan saya sangat menghormatinya karena dia sudah mengatakan hal ini sejak lama, bukan kemarin,” kata Kanchar Branovo.

“Dia (pengunduran diri) ini akan disampaikannya nanti. Saya tahu banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Banyak hal penting yang menjadi kewenangannya saat ini, jadi dia akan segera menyadarinya. Itu sudah selesai dan dia akan mengambil keputusan. segera,” lanjutnya.

Halaman selanjutnya

“Terlihat Pak Mahfut telah menyelesaikan banyak tugas mendesak, termasuk menyelesaikan permasalahan pertanahan di Rembang, Kepulauan Riau. Ini yang perlu diselesaikan karena menyangkut hajat hidup orang banyak,” kata Hasto. Ia menambahkan, tidak segera mundurnya Mahfoud MD dari jabatannya hanya untuk menghindari spekulasi, selain karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Mahfoud MD.

Halaman selanjutnya