Juni 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Siapakah Nayeb Bukhele?  Presiden El Salvador berhasil memberantas kartel dan mempopulerkan kripto

Siapakah Nayeb Bukhele? Presiden El Salvador berhasil memberantas kartel dan mempopulerkan kripto

Memuat…

Nayeb Bukele?, presiden El Salvador yang berhasil memberantas kartel. Foto/Reuters

London – Presiden Penyelamat Nayeb Bukele menghadapi pemilu ulang pada Minggu (4/2/2024). Bugel membuat perbedaan di dunia kripto ketika dia membuat alat pembayaran Bitcoin yang sah pada tahun 2021.

Nayeb Bukele menikmati tingkat ketenaran yang hanya bisa diimpikan oleh sebagian besar pemimpin terpilih. Presiden El Salvador berusia 42 tahun ini unggul 68% atas lawan-lawannya dalam jajak pendapat menjelang pemilihan umum pada 4 Februari.

Siapakah Nayeb Bukhele? Presiden El Salvador berhasil memberantas kartel dan mempopulerkan kripto

1. Mendukung Bitcoin sebagai metode pembayaran

Foto/Reuters

Menurut DL News, di kalangan kripto, Bugel adalah politisi trendi yang melegalkan pembayaran bitcoin di negara berpenduduk 6 juta orang. Sejak tahun 2021, Departemen Keuangan Salvador telah menginvestasikan hampir US$130 juta, lebih dari 0,4% PDB negara tersebut, dalam mata uang kripto.

Pelukan Bukele terhadap Bitcoin membuka jalan bagi kepala negara lainnya, termasuk Javier Milei dari Argentina dan Faustin-Archange Touadéra dari Republik Afrika Tengah, untuk mempertimbangkan kripto sebagai solusi atas masalah keuangan mereka.

Tapi itu adalah perjalanan yang bergelombang.

Terlepas dari upaya terbaik pemerintah, adopsi mata uang kripto secara nasional masih rendah.

Penggunaan bitcoin oleh Bukele juga membuat kesal lembaga-lembaga internasional seperti IMF, yang memperingatkan bahwa El Salvador “menimbulkan risiko signifikan dalam menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, terutama mengingat volatilitas harganya yang tinggi.”

2. Disebut diktator

Siapakah Nayeb Bukhele?  Presiden El Salvador berhasil memberantas kartel dan mempopulerkan kripto

Foto/Reuters

Namun, upaya Bugel terhadap Bitcoin memudar saat El Salvador pergi ke tempat pemungutan suara.

“Siapapun yang tinggal di sini dapat melihat bahwa keadaan menjadi lebih baik,” kata Eric Ochoa kepada DL News. “Saya tidak mengatakan dia adalah presiden super atau politisi super, tapi dia telah melakukan hal-hal untuk El Salvador yang belum pernah dilakukan oleh politisi lain.”
Ochoa adalah seorang dokter gigi paruh baya yang berpraktik di San Salvador. Namanya telah diubah untuk melindungi identitasnya. Dia tidak memiliki kripto apa pun, dan tidak menggunakan dompet bitcoin Chivo yang didukung pemerintah.

READ  Perubahan iklim membantu dinosaurus bermigrasi ke sisi Greenland 200 juta tahun lalu

Dia mengatakan eksperimen Bitcoin Bugel gagal. Menurutnya, masyarakat hanya rutin menggunakan kripto di desa selancar El Sonde.