Juli 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

T-Rex dikatakan memiliki otak di luar imajinasi manusia, mampu menciptakan budaya

T-Rex dikatakan memiliki otak di luar imajinasi manusia, mampu menciptakan budaya

Memuat…

Tyrannosaurus Rex diperkirakan memiliki tiga miliar neuron di otaknya. Foto/IST

Jakarta – Ada dinosaurus bernama T-Rex otak Ini lebih dari cukup untuk membangun peralatan, memecahkan masalah, dan membangun budaya. Jadi jika asteroid yang menghantam Bumi dan memusnahkan dinosaurus tidak terjadi, T-Rex mungkin telah membuat sejarah budaya yang panjang.

Menurut peneliti Universitas Vanderbilt Susana Herculano-Hausel, kemampuan ini berkembang karena otak T-rex memiliki sejumlah besar neuron di otak besar atau cerebrum. Ia memperkirakan jumlah neuron di otak theropoda sama dengan jumlah neuron di otak kera.

Theropoda seperti Aleoramus diperkirakan memiliki satu miliar neuron di otak mereka. T-Rex sebenarnya memiliki otak yang sangat besar dengan total tiga miliar neuron.

Menurut Suzana Herculano-Houzel, jika jumlah neuron mencerminkan kecerdasan makan, hewan prasejarah ini tidak hanya hidup dalam ukuran raksasa, tetapi juga berumur panjang dan memiliki kognisi yang fleksibel. Ini berarti T-Rex Predator yang jauh lebih kuat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Baca selengkapnya: HSR Wheel memproduksi velg khusus mobil listrik milik Fitra Eri

“Karnivora seukuran gajah tapi aktif seperti monyet atau babon pasti merupakan predator yang sangat efisien,” jelasnya.

Menurut Susana Herculano-Hausel, jumlah neuron di otak dihitung dengan cara menghitung jumlah neuron pada burung. Menurutnya, burung masa kini merupakan keturunan terakhir dari dinosaurus.

“Burung adalah keturunan dinosaurus yang berumur panjang. Burung tetaplah dinosaurus,” jelasnya.

Baca selengkapnya: Saksikan rumah bordil mewah, sejarah Pompeii dipugar secara utuh

Saat ini konsep menghitung neuron otak menjadi salah kaprah karena banyak orang beranggapan bahwa semua dinosaurus itu sama. Meskipun dinosaurus berbeda satu sama lain. “Seperti mamalia, tidak semuanya sama. T-rex dan beberapa dinosaurus lainnya ternyata memiliki otak seukuran burung. Artinya bisa dihitung,” jelasnya.

READ  5 tanaman hias yang membutuhkan lebih sedikit cahaya

Dari situ, Susana Herculano-Hausel menghitung menggunakan ukuran burung. Akibatnya, jumlah neuron otak milik T-Rex sama dengan jumlah neuron otak pada hewan.

“Karnivora berkaki dua seukuran gajah tapi lincah seperti monyet atau babun pasti merupakan predator yang sangat efisien,” tegasnya.

(wsb)