Desember 7, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Teleskop James Webb menangkap galaksi ultra-terang, gugus bintang yang jauh

Teleskop James Webb menangkap galaksi ultra-terang, gugus bintang yang jauh

Memuat…

Teleskop Luar Angkasa James Webb telah menangkap galaksi yang berusia 9 miliar tahun. Foto: Dok James Webb

Amerika – Teleskop luar angkasa James Webb Menangkap kembali benda-benda menakjubkan di luar angkasa. Saat ini ia memancarkan cahaya yang sangat terang yang diyakini sebagai galaksi gugusan bintang Belum teridentifikasi.

Selain jaraknya yang jauh, galaksi tersebut sebenarnya sudah tua, kata para peneliti. Ini karena cahaya yang dipancarkan jauh lebih merah, tidak seperti galaksi muda yang memancarkan cahaya biru.

Pada Sabtu (1/10), gambar galaksi itu dirilis ke publik, menurut laporan BBC. Difoto dengan Teleskop James Webb SMACS 0723 Ini adalah contoh dari apa yang disebut lensa gravitasi.

Gambar yang diambil menunjukkan sekelompok galaksi latar depan yang besar dengan cahaya yang diperbesar dan ditekuk yang berasal dari galaksi latar belakang.

Ternyata menjadi salah satu galaksi terindah di kejauhan, yang menarik perhatian para astronom dari Universitas Toronto. Disebut “Galaksi Kilau” karena dikelilingi oleh titik-titik kecil berwarna kuning-merah.

Menariknya, titik-titik ini sebelumnya belum pernah ditangkap oleh teleskop atau observatorium besar lainnya, termasuk Hubble.

Para peneliti berpikir cahaya ini adalah gugusan bintang yang mengelilingi Bima Sakti kita hari ini. Ada banyak titik awal dalam sejarah alam semesta. Diperkirakan berumur 9 miliar tahun.

“Kami menemukan bahwa gugus bola ini sangat besar,” jelas Dr. Lamia Moula dari Institut Dunlop untuk Astronomi dan Astrofisika Toronto. “Mereka sangat tua, 9 miliar tahun, atau 4,5 tahun setelah Big Bang,” tambahnya.

“Mereka mungkin terbentuk pada puncak pembentukan bintang sekitar 10 miliar tahun yang lalu, dalam sebuah ledakan yang kita sebut ‘siang kosmik’. dia menambahkan.

READ  Google Earth menunjukkan efek merusak dari perubahan iklim

Baca selengkapnya: Ups, ada malware berbahaya yang bersembunyi di logo Windows!

Bintang-bintang dalam cahaya globular ini diperkirakan terbentuk hanya beberapa ratus juta tahun setelah Big Bang. Bahkan, kata kecerahan mungkin mencakup beberapa bintang pertama yang terbentuk di alam semesta.

(dan)