Juni 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Tinjauan Direksi, XL Axiata (EXCL) setujui pembagian dividen Rp 551,7 miliar

Tinjauan Direksi, XL Axiata (EXCL) setujui pembagian dividen Rp 551,7 miliar

IssueNews.com – Hari ini Jumat (5/5) Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2023 PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyetujui perubahan susunan direksi dan pembagian dividen sebesar Rp551,7 miliar atau 50% kepada pemegang saham. Keuntungan setelah penyesuaian.

Chairman dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, “Tahun ini, dalam rapat kembali 50% dari laba setelah penyesuaian disepakati untuk dibagikan sebagai dividen kepada para pemegang saham. Keputusan perseroan untuk membayarkan dividen merupakan bentuk apresiasi kepada para pemegang saham. yang telah mendukung perusahaan untuk terus tumbuh dan berkembang hingga saat ini.

Total dividen kurang lebih Rp 551,7 miliar yang setara dengan Rp 42 per saham. Sisa laba lainnya akan kami gunakan sebagai alokasi umum sebesar Rp 100 juta dan sisanya akan dicatat dalam saldo laba ditahan untuk mendukung pengembangan bisnis perusahaan.

Selain itu, RUPST menyetujui laporan tahunan perusahaan, termasuk Laporan Pengawasan Komisaris, dan mengukuhkan laporan keuangan perusahaan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022. Selain itu, rapat tersebut memberikan pelunasan dan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada anggota direksi dan dewan komisaris perseroan atas pengurusan dan pengawasan yang dijalankan selama tahun buku 2022.

Rapat menyetujui penetapan laba bersih perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022. 50% dari keuntungan setelah penyesuaian, yaitu 551.726.000.000, akan dibagikan kepada para pemegang saham sebagai dividen, yaitu sebesar ITR 42 per saham. .

Rapat juga menyetujui pencatatan alokasi cadangan umum sebesar Rp 100.000.000 dan Rp 557.613.000.000 ke saldo laba ditahan untuk mendukung pengembangan usaha perseroan.

READ  Agar mesin tidak mudah rusak, lakukan 3 hal ini untuk oli Anda!

Selain itu, melalui mata acara keenam, rapat menyetujui perubahan susunan Direksi. Perubahan tersebut menyusul pengunduran diri Budi Pramanthika dan pergantian Direktur Keuangan. Ia akan digantikan oleh Fairuz Iqwan, seorang profesional yang sebelumnya bekerja di beberapa perusahaan di bawah naungan Axiata Group Bhd, termasuk XL Axiata. Sebelum bergabung kembali dengan XL Axiata, Feiruz Ikhwan menjabat sebagai Chief Financial Officer dan Acting CEO Smart Axiata di Kamboja.

Susunan Direksi XL Axiata yang baru dan efektif sejak ditutupnya rapat adalah sebagai berikut:

Direktur Utama: Dion Chisvarini