September 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Uniknya, kedua pulau tersebut berjarak 4 kilometer namun berbeda waktu 21 jam

Jakarta

Tahukah kamu, di Bumi Kedua pulau tersebut terpisah beberapa kilometer, namun perbedaan waktunya hampir sehari. Pulau itu milik Rusia dan Amerika Serikat masing-masing.

Diomede Besar dan Diomede Kecil adalah dua pulau di Selat Bering. Diomede Besar terletak di bagian timur Rusia, sedangkan Diomede Kecil terletak di Amerika Serikat.

Keduanya dipisahkan oleh laut sejauh 3,8 km atau hampir 4 km. Namun fakta yang menarik adalah kedua pulau ini memiliki perbedaan 21 jam dan 20 jam di musim panas.

Pulau-pulau itu awalnya dinamai navigator Denmark-Rusia Vitus Bering. Dia pertama kali melihat pulau-pulau itu pada 16 Agustus 1728. Bering memutuskan untuk menamainya setelah santo Yunani Diomedes.

Keunikan kedua pulau tersebut diabadikan oleh seorang pengguna TikTok dengan akun yang terbengkalai konten. Perbedaan waktu yang signifikan ini berlaku karena Diomede Besar dan Diomede Kecil dipisahkan oleh Garis Penanggalan Internasional.

Pulau Diomet Besar dan Pulau Diomet Kecil (dua pulau kecil di tengah). Foto: Dok. NASA

Alhasil, waktu di Diomede Besar 21 jam lebih cepat dari Diomede Kecil. Karena perbedaan waktu ini, kedua pulau tersebut dikenal sebagai Pulau Besok dan Pulau Kemarin.

Di musim dingin, jembatan es biasanya terbentuk di antara kedua pulau. Hal ini memungkinkan orang untuk berjalan di antara dua pulau. Namun, hal itu dilarang untuk dilakukan.

Sementara itu, netizen di TikTok mengungkapkan pendapat berbeda tentang Diomede Besar dan Diomede Kecil. Mereka juga menawarkan ide-ide unik tentang apa yang harus dilakukan saat berada di kedua pulau.

“Kamu bisa berada di satu pulau di Tahun Baru dan jika kamu pergi ke pulau lain, itu akan mundur setahun,” kata salah satu akun.

READ  Biden-Harris, Rekor Baru di Gedung Putih dan Cerita Keluarga Yahudi

“Bayangkan mengerjakan keduanya pulau Kamu bisa melakukan 2 shift 8 jam di hari yang sama,” tulis yang lain.

Tonton videonya”Tuduhan Pulau Komodo Rp 3,75 juta akhirnya ditunda setelah menuai protes
[Gambas:Video 20detik]
(Baterai/DTN)