Januari 18, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Untuk mengontrol gula darah, sangat penting untuk mengkonsumsi buah-buahan ini: Gaya hidup oksazon

Kontrol Gula darah merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Misalnya dengan mengatur pola makan. Ukuran ini sangat penting bagi penderita pradiabetes, diabetes, gula darah rendah, atau kondisi lain yang memengaruhi gula darah.

Faktor-faktor seperti masalah berat badan, fungsi, stres dan faktor genetik juga berperan dalam menjaga gula darah. Bagaimanapun, pola makan yang sehat sangat penting untuk mengontrol gula darah.

Baca juga: Tentunya, buah nangka dapat mengontrol gula darah

Seperti dilansir laman tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan di sini untuk meningkatkan kadar gula darah rendah Healthline, Rabu (9/12/2020).

1. Pertama

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan berry baik untuk meningkatkan kontrol gula darah. Buah beri sarat dengan serat, vitamin, mineral dan antioksidan dan merupakan pilihan yang sangat baik bagi mereka yang memiliki masalah manajemen gula darah.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa diet yang setara dengan dua cangkir atau 250 gram raspberry merah dengan diet tinggi karbohidrat secara signifikan mengurangi insulin dan gula darah pasca makan pada orang dewasa dengan pradiabetes dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa stroberi, blueberry, dan blackberry dapat bermanfaat bagi manajemen gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan pengambilan glukosa dari darah.

Baca juga: Apakah ketombe sulit hilang? Waspadai gula Anda terlalu tinggi

2. Mentega

Selain lembut dan gurih, buah alpukat memiliki manfaat yang signifikan untuk pengaturan gula darah. Buah ini kaya akan lemak sehat, serat, vitamin dan mineral. Menambahkan ini ke dalam makanan telah terbukti meningkatkan kadar gula darah.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan melindungi dari perkembangan sindrom metabolik, di mana tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi meningkatkan risiko penyakit kronis.

READ  Alasan mengapa game PS5 mahal dibandingkan dengan waktu hiburan

3. Jeruk

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jeruk dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Jeruk tergolong buah dengan glisemik rendah karena tidak mempengaruhi gula darah seperti buah-buahan lain seperti semangka dan nanas.

Jeruk dan anggur kaya serat dan mengandung senyawa tanaman mirip naringenin polifenol dengan sifat antidepresan yang kuat.

Makan jeruk utuh dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan HPA1C, dan melindungi dari diabetes.

Baca juga: Penderita diabetes tidak akan membuat kesalahan di akhir pekan, berikut 6 cara agar tetap sehat

Apel.  (Foto: Mdjaff / Freepik)

4. Telepon

Apel mengandung serat larut dan senyawa tumbuhan termasuk quercetin, asam klorogenat, dan asam galat, yang semuanya dapat membantu menurunkan gula darah dan melindungi dari diabetes.

Meskipun konsumsi buah total telah terbukti mengurangi risiko diabetes, mengonsumsi buah-buahan tertentu, termasuk apel, bisa sangat efektif dalam menurunkan gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes.

Sebuah penelitian terhadap 187.000 orang menemukan bahwa asupan tinggi buah-buahan tertentu, terutama blueberry, anggur, dan apel, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Selain itu, dalam penelitian terhadap 18 wanita, makan apel 30 menit sebelum makan nasi secara signifikan menurunkan gula darah setelah makan, dibandingkan dengan makan nasi saja.

Baca juga: Bisakah penderita diabetes cepat?