Februari 5, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Letusan matahari terekam oleh pengorbit matahari.  (Satu)

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Solar Orbiter berhasil mencatatkan letusan matahari

Interpretasi matahari. (Gambar Pixabay / Wiki)

Hitechno.com – Khusus untuk belajar Matahari, Pengorbit Surya Baru-baru ini diposting Letusan matahari Itu rahasia dan sulit untuk diperhatikan.


Pengorbit matahari yang berhasil mencatat letusan matahari menjadi momen pertama dalam sejarah sebelum misi pengorbit matahari resmi diluncurkan oleh para ilmuwan.


Menurut laporan dari space.com, pada Februari 2021, para ilmuwan dapat melihat momen khusus ketika dua pelepasan massa koronal terjadi saat matahari mendorong atmosfer di luar angkasa.


Momen ini terekam saat jarak wahana antariksa memungkinkan pengorbit matahari melihat bagian matahari yang tidak terlihat dari Bumi.


Pencatatan momen ini kemudian dibawa kembali ke bumi dengan proses yang sangat lambat. Ilmuwan yang tidak sabar dengan datangnya catatan ini mengatakan mereka ingin sekali mengeksplorasi momen langka ini.


Letusan matahari terekam oleh pengorbit matahari. (Satu)


Pengorbit tunggal menjadi pencitra heliosfer atau solohi pada 12 Februari 2021 dan 13 Februari 2021, instrumen pertama yang berhasil merekam pelepasan massa koronal matahari.


Tiga perangkat pengorbit matahari yang terletak di setiap wilayah berbeda dapat menjalankan tugasnya dan membuat tampilan yang lebih dari 20 kali lebar matahari dari permukaan matahari.


Secara keseluruhan mereka dapat memperoleh catatan letusan matahari dari tiga instrumen yang berbeda, sebelum para ilmuwan dapat memperoleh waktu untuk melepaskan massa koronal dari perspektif global yang sulit dipahami.



Rekor letusan matahari ini mampu memberi para ilmuwan gambaran tentang kutub matahari untuk pertama kalinya. Sebagai informasi, Solar Orbiter merupakan misi Badan Antariksa Eropa (ESA) dan NASA.



READ  Teori baru mengungkapkan bagaimana dinosaurus mati