Juli 4, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Web Telescope Mirror NASA memecahkan 'prediksi paling andal' setelah penyelarasan akhir

Web Telescope Mirror NASA memecahkan ‘prediksi paling andal’ setelah penyelarasan akhir

NASA mengatakan setelah menyelesaikan rekor pelurusan kaca bahwa “kinerja optik dari Teleskop Luar Angkasa James Web (JWST) yang baru … lebih baik daripada perkiraan yang paling dapat diandalkan.”

Karena 2 hingga 10 faktor dalam perencanaan dan penganggaran antara 7 dan 14 tahun, roket ArianeSpace Ariane 5 meluncurkan teleskop webnya ke luar angkasa pada 25 Desember 2021. Teleskop JWST 6,2 ton (sekitar 13.600 lb) hampir setengahnya. Meskipun mengisi kaca seperti origami lebih dari enam kali total area koleksi Hubble, itu akan meningkat seperti Teleskop Luar Angkasa Hubble yang ikonik milik NASA. Pengurangan massa yang ekstrem dan kerumitan luar biasa yang diperlukan untuk meluncurkan cermin sebesar itu dari Bumi pada roket seperti Ariane 5 sebagian dapat menjelaskan mengapa teleskop web membutuhkan waktu begitu lama (~ 18 tahun) dan mahal (9, $ 9,7 miliar ). ) Untuk merancang. , Mengembangkan dan membangun.

Namun, akhirnya dirilis. Ariane 5 melakukan sebagian besar pekerjaan, mengirimkan teleskop dalam lintasan – dengan bantuan impuls internal – mengarahkannya ke titik lagrange matahari dan L2 pada jarak 1,5 juta kilometer (~ 950.000 mil) dari Bumi. Sementara sejarah laboratorium luar angkasa mungkin sangat santai, proses penyebaran teleskop web yang sangat kompleks diselesaikan tanpa masalah besar. Tiga puluh hari setelah lepas landas, teleskop – yang sepenuhnya digunakan – telah mencapai orbit fungsionalnya.

Selama empat bulan terakhir, sebagai perbandingan, hampir semua pekerjaan JWST berfokus pada transparansi minimal dan penyelarasan dan kalibrasi minimal. Masing-masing dari 18 bagian kaca utama JWST memegang mikrometer perlahan tapi pasti, sementara sebagian besar teleskop didinginkan perlahan hingga suhu sekitar – penting untuk efisiensi maksimum. Pada saat yang sama, semua alat awal Webb mencapai cahaya pertama mereka dan memasuki tahap awal kalibrasi dan pemesanan. Hanya setelah instrumen diukur secara ketat, kacamata disejajarkan dengan benar, dan instrumen inti didinginkan hingga -449 ° F (-267 ° C) web dapat mulai mengamati alam semesta dan merevolusi subkelompok besar ilmu ruang angkasa.

Tampilan internal dari buah pemangkasan. (NASA)

Langkah pertama dan terpenting – menyelaraskan cermin – sekarang selesai. Enam minggu setelah lepas landas, proses penyelarasan dimulai pada Februari 2022. Pertama, gambar diambil dengan cermin yang salah untuk membantu mendiagnosis situasi secara akurat. 18 bagian kaca Webb dipindahkan satu per satu, memungkinkan pengontrol Bumi untuk secara akurat memusatkan setiap adegan reflektif dari bintang target untuk menentukan cermin mana yang bertanggung jawab atas gambar mana. Dalam proses yang disebut ‘draft grid’, setelah 18 titik optik ini disetel dengan baik dan dilekatkan pada bagian kaca tertentu, bagian-bagian tersebut secara bertahap tumpang tindih dan membentuk satu gambar.

“Draf” sangat mengurangi akurasi tak terduga yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah gerakan. Untuk mencapai potensi penuhnya, area kaca setiap teleskop web harus disejajarkan dalam jarak 50 nm Satu sama lain. Menurut NASA, “Jika kaca web awal adalah ukuran Amerika Serikat, setiap bagian akan menjadi ukuran Texas, dan kelompok harus secara akurat menyelaraskan ketinggian bagian berukuran Texas satu sama lain. Sekitar 1,5 inci. “

Produk dari fase keras – indah tetapi masih efektif secara ilmiah. (NASA)

Ini diikuti oleh peningkatan halus, yang menggabungkan sebanyak mungkin fungsi esoteris untuk memusatkan kaca sebanyak mungkin. Gambar yang dihasilkan dimodifikasi untuk menyelaraskannya dengan pandangan masing-masing dari empat instrumen ilmiah utama Webb. Terakhir, banyak langkah dalam proses penyelarasan tujuh langkah telah sepenuhnya didesain ulang atau disempurnakan untuk meningkatkan kualitas kaca demi kepuasan pencipta dan calon pengguna bumi.

Akhirnya penyelarasan teleskop web sukses besar, menciptakan gambar yang lebih jelas dan lebih bersih daripada “prediksi paling andal” yang dibuat oleh para insinyurnya. NASA mengklaim bahwa gambar itu terlalu detail untuk secara efektif mencapai resolusi fisik cermin seukuran web-teleskop, yang berarti harus melanggar hukum fisika yang diketahui untuk menyelesaikan detail lainnya.

Film JWST pertama dengan kaca yang sepenuhnya sejajar. (NASA)

Setelah penyelarasan kaca selesai, hanya ada satu penghalang utama untuk JWST sebelum operasi ilmiah dimulai: operasi perangkat. Pemesanan adalah laporan komprehensif yang mencakup berbagai kalibrasi, analisis, pengujian, dan peningkatan yang diperlukan untuk memverifikasi bahwa keempat alat JWST utama berfungsi seperti yang diharapkan.

Pada satu titik, penggunaan alat ilmiah yang lebih canggih menjadi identik dengan bentuk seni, dan tingkat kepercayaan tertentu harus diciptakan antara ilmuwan dan alat bisnis yang mereka harapkan. Alam semesta dengan luas dan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya. Jika operasi seperti penyebaran dan penyelarasan berjalan lancar, tim JWST mungkin siap untuk menangkap dan membagikan pengamatan teleskop operasional pertama alam semesta pada Juli 2022.

Web Telescope Mirror NASA memecahkan ‘prediksi paling andal’ setelah penyelarasan akhir

READ  Temuan Baru Ungkap Alasan Sebagian Hewan Purba Selamat dari Asteroid