Mei 26, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

5 Negara Paling Religius di Dunia

5 Negara Paling Religius di Dunia

Selasa, 14 November 2023 – 06:11 WIB

Jakarta – Agama hadir dalam berbagai cara untuk berperan dalam segala aspek kehidupan. Beragamnya agama merupakan rahmat bagi umat manusia dan tanda kemahakuasaan-Nya yang ditampilkan dalam mengatur perjalanan seorang Hamba.

Baca selengkapnya:

Jika Anda lupa ulang tahun istri Anda, Anda bisa masuk penjara di negara ini

Sebuah studi komprehensif yang dilakukan oleh CEOWORLD dan Global Business Policy Institute mengukur jumlah agama di 148 negara. Alhasil, 5 negara ini muncul sebagai negara paling religius di dunia. Negara mana? Simak informasi berikut ini:

.

Interpretasi Agama dan Keberagaman

Baca selengkapnya:

Siapakah Jordan Ali, Pemuda yang Jatuh Cinta pada Ibu Vircon, Eva Manurung?

1. Somalia (Skor Agama 99,8)

Somalia adalah negara dengan sejarah spiritual yang menarik. Agama tradisional Afrika, Islam dan Kristen (Kristen dan Katolik) telah meninggalkan jejaknya di negara Afrika Timur ini.

Baca selengkapnya:

5 Alasan Negara Arab Tidak Kirim Pasukan Militer Untuk Melawan Hamas Israel

Islam telah memainkan peran penting di Somalia sejak abad ketujuh. Faktanya, Somalia adalah salah satu tempat pertama yang memeluk Islam. Islam menyebar dengan cepat ke seluruh Semenanjung Arab dan Somalia menjadi pusat pembelajaran penting bagi dunia Muslim.

Agama tradisional Afrika juga mempunyai akar yang kuat di Somalia. Bahkan saat ini, banyak warga Somalia yang masih mempraktikkan tradisi Afrika bersama dengan Islam. Meski tiba di Somalia pada abad ke-12, agama Kristen masih menjadi agama minoritas di negara tersebut.

2. Nigeria (Skor Agama 99,7)

Dari segi budaya dan masyarakat, Nigeria merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, dengan mayoritas beragama Islam Sunni.

READ  Viral, media ternama Amerika membahas sejarah Indomy dan gambar di balik komposisinya

Asal Usul Islam di Nigeria Islam masuk pada abad ke-15, melalui penyebaran Kerajaan Songhai. Islam menyebar dengan cepat ke seluruh Nigeria dan menjadi agama mayoritas.

3. Bangladesh (Skor Agama 99,5)

Bangladesh adalah negara dengan sejarah spiritual yang panjang dan beragam. Agama-agama seperti Hindu, Buddha, Islam, dan Kristen telah menonjol di negara ini. Agama Buddha dan Hindu masuk ke Bangladesh pada abad ketiga. Menurut sejarahnya, kedua agama ini dibawa oleh para pedagang dari India dan Tiongkok.

Agama Hindu dan Buddha menyebar dengan cepat ke seluruh negeri di kalangan kelas penguasa, melalui pembangunan kuil dan biara. Tradisi keagamaan ini telah memainkan peran penting dalam membentuk identitas budaya dan spiritual Bangladesh, dan terus mempengaruhi negara tersebut hingga saat ini.

Sedangkan Islam masuk ke Bangladesh melalui pedagang Muslim dari Timur Tengah pada abad keenam. Islam secara bertahap menyebar ke seluruh Bangladesh dan menjadi agama dominan.

4. Etiopia (Skor Agama 99,3)

Ethiopia merupakan salah satu negara di Afrika yang mayoritas penduduknya beragama Kristen. Menurut tradisi Etiopia, pada abad keempat Masehi. Kekristenan diperkenalkan ke Kekaisaran Axum pada abad keempat ketika Frumentius, seorang misionaris berbahasa Yunani, menggantikan Raja Esana. Hal ini menandai dimulainya sejarah panjang Kekristenan di Etiopia.

Saat ini, Frumentius dihormati sebagai orang suci di Gereja Ortodoks Ethiopia. Frumentius dianggap sebagai tokoh kunci dalam membela dan mempromosikan iman Kristen di negara tersebut selama berabad-abad.

Selain Kristen, Islam juga memiliki sejarah panjang di Ethiopia. Menurut sejarah, komunitas Muslim pertama diyakini tiba di Ethiopia pada awal abad ke-7. Meskipun merupakan agama minoritas, Islam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap budaya dan sejarah Ethiopia.

Yaman adalah negara dengan sejarah spiritual yang menakjubkan. Yudaisme, Kristen, dan Islam telah meninggalkan jejak yang signifikan di negara ini.

Islam telah memainkan peran penting di Yaman sejak abad ketujuh Masehi, ketika Nabi Muhammad mengutus menantunya sebagai gubernur Yaman. Dari sana, Islam menyebar dengan cepat ke seluruh Jazirah Arab dan Yaman menjadi pusat pembelajaran dan pengetahuan bagi komunitas Muslim.

Selain itu, Yudaisme juga mempunyai akar yang kuat di Yaman, sejak kedatangan komunitas Yahudi pertama di awal abad ketiga. Sedangkan agama Kristen masuk ke Yaman pada abad keenam. Saat ini, Yaman adalah negara mayoritas Muslim.

Indonesia memang tidak termasuk dalam 5 besar negara paling religius di dunia, namun dalam survei ini, Indonesia menempati peringkat ketujuh.

Halaman selanjutnya

Agama tradisional Afrika juga mempunyai akar yang kuat di Somalia. Bahkan saat ini, banyak warga Somalia yang masih mempraktikkan tradisi Afrika bersama dengan Islam. Meski tiba di Somalia pada abad ke-12, agama Kristen masih menjadi agama minoritas di negara tersebut.

Halaman selanjutnya