Mei 30, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

AI pada perangkat di iOS 18 akan eksklusif untuk iPhone 16 • Gadget Universe

AI pada perangkat di iOS 18 akan eksklusif untuk iPhone 16 • Gadget Universe

Bukan rahasia lagi bahwa Apple sedang mempercepat pengembangan AI generatifnya sendiri, yang kabarnya akan diintegrasikan ke dalam iOS 18. Namun, laporan terbaru menunjukkan bahwa kemampuan AI pada perangkat tersebut hanya akan tersedia pada seri iPhone 16 mendatang atau yang lebih baru. .

AI pada perangkat di iOS 18 akan eksklusif untuk iPhone 16

Apple dikabarkan akan menghadirkan AI generatif ke iOS 18, salah satunya akan didukung oleh Large Language Model (LLM) melalui Siri versi baru. LLM akan membuat Siri semakin canggih, termasuk menangani algoritma yang kompleks, kemampuan memahami konteks, dan bahasa yang lebih “manusiawi”.

Tak hanya itu, integrasi AI juga akan meluas di iOS 18. Tim peneliti AI Apple berencana melengkapi iPhone dengan AI generatif, termasuk aplikasi Messages, Apple Music, dan aplikasi produktivitas seperti Pages dan Keynote.

Baca Juga: Apple dikabarkan sedang mengerjakan Siri versi baru • Jagat Gadget (jagatreview.com)

Dalam mengimplementasikan fitur AI generatif tersebut, Apple dikatakan sedang mempertimbangkan beberapa pendekatan, termasuk AI berbasis cloud, AI pada perangkat, atau integrasi keduanya. Namun, mengingat keterbatasan perangkat keras pada iPhone yang ada, Apple telah memutuskan untuk menggunakan AI berbasis cloud untuk iOS 18 pada perangkat lama, sedangkan AI pada perangkat akan eksklusif untuk iPhone 16 atau lebih baru.

Apa itu AI pada perangkat?

Saat ini seluruh fungsi AI generatif, termasuk ChatGPT dari OpenAI, masih diproses melalui cloud (internet) karena hardware belum mendukungnya. Namun seiring berjalannya waktu, berbagai produsen hardware baik itu smartphone maupun PC mulai fokus pada kemampuan AI pada prosesor atau SoC miliknya.

Diproses langsung di perangkat, pendekatan perangkat ini memiliki keunggulan pemrosesan yang lebih cepat dan privasi yang lebih terlindungi. Sementara itu, AI berbasis cloud memungkinkan pengoperasian yang lebih canggih di masa depan, namun sisi negatifnya terdapat masalah privasi karena data pertama-tama akan dikirimkan melalui Internet.

READ  Kiat pencadangan data yang aman dan nyaman

Bukti