Juni 16, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Alasan kenapa AC mobil kurang sejuk saat dinyalakan di siang hari

Alasan kenapa AC mobil kurang sejuk saat dinyalakan di siang hari

KLATEN, KOMPAS.com – Mobil dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC) untuk menjaga kenyamanan penumpang di dalam kabin. Dengan mendinginkan udara di dalam kabin, perjalanan diyakini akan semakin menyenangkan.

Tidak sedikit pengendara mobil yang mengeluhkan AC kurang baik saat menggunakan mobil di siang hari atau di bawah terik matahari. Hal ini bisa terjadi karena AC harus bekerja lebih keras untuk melawan panas yang masuk dari luar.

Jika kinerja AC tidak maksimal maka efisiensinya akan menurun sehingga menyebabkan udara di dalam kabin menjadi lebih panas.

Baca juga: Cara Mengatasi Mobil Overheat Saat Terjebak di Kemacetan Balik

Kak AC Ponsel Suzuki

Service Advisor PT Graha Rajasa (Denzo) Yogyakarta, Andres Siswanto mengatakan. AC Ponsel Mampu mendinginkan udara di dalam kabin meski digunakan secara normal di bawah sinar matahari. Jika tidak bisa dingin kemungkinan ada masalah pada sistem sehingga perlu dilakukan pengecekan.

“Tidak biasa, kalaupun cuaca panas, AC mobil yang bagus pasti akan mendinginkan udara di dalam kabin, sebaiknya dicek apakah ada masalah pada sistem AC, itu bisa menjadi masalah karena banyak faktor yang mempengaruhinya,” ujarnya. . Andres untuk Kompas.com baru-baru ini.

Andres mengatakan, AC tidak bisa mendinginkan udara di dalam kabin, kemungkinan karena kurangnya freon yang berarti harus mengecek kebocoran, atau masalah lain seperti berkurangnya efisiensi kompresor. Motor kipas dll bisa juga karena kelistrikan.

Baca Juga: Hindari Kemacetan Mundur, Manfaatkan Akses CCTV Pintu Tol

Deskripsi AC MobilFreepik/Dianabygu Deskripsi AC Mobil

Anom Budi Prasetiyo, Owner Headquarter Nissan & Datsun Specialist Auto Depok, mengatakan tidak perlu melakukan pemeriksaan menyeluruh dan tidak ada salahnya mengecek celah magnet kopling jika semua sistem baik-baik saja.

READ  Penyebab mobil bertransmisi CVT sulit dinaiki adalah karena kebiasaan pengemudi yang ditonjolkan

“Kalau dipastikan semuanya baik-baik saja, tidak ada tekanan freon, tidak ada listrik, tidak bocor, bisa coba dicek celah kopling magnetnya, jika celahnya tinggi bisa membuat AC tidak dingin di siang hari,” kata Anom kepada Kompas. .com. , beberapa waktu lalu.

Anom mengatakan, kasus yang sama sudah beberapa kali ia jumpai. Dengan menyetel celah kopling magnet lebih rapat, kompresor akan bekerja lebih lama sehingga meningkatkan pendinginan.

Baca juga: Haruskah Mematikan atau Menghidupkan AC Mobil Saat Istirahat di Perjalanan Pulang?

https://www.youtube.com/watch?v=NwkB

Kopling magnet memiliki celah yang tetap, 0,3 hingga 0,6 milimeter, yang dapat disesuaikan dengan menambah atau mengurangi jumlah cincin, kata Anom.


mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.