Agustus 17, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menemukan sesuatu yang 'aneh' di alam semesta

Bagaimana Teleskop James Webb mengirimkan gambar dari 1 juta km di atas Bumi?

James Webb mampu mengirim data yang lebih besar dan jarak yang lebih jauh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kumpulan gambar pertama dari Teleskop Luar Angkasa James Webb baru saja dirilis. Foto-foto ini berkisar dari penerbangan antarbintang yang menakjubkan hingga deskripsi singkat tentang atmosfer planet ekstrasurya yang jauh.

Bagaimana lusinan terabyte data melakukan perjalanan ke Bumi dari pesawat ruang angkasa satu juta mil jauhnya?

Gambar ini bukan JPEG, juga bukan kamera Webb. Webb mengumpulkan dan mengirimkan data mentah dari instrumennya, dua sensor inframerah dekat dan tengah yang sangat sensitif. Berbagai aksesoris dapat mengkhususkannya seperti spektroskopi, koronagrafi dan peralatan ilmiah lainnya sesuai kebutuhan.


Perlombaan megapiksel

Pada tahun 2008, teleskop Hubble, seperti teleskop cahaya tampak konvensional, menangkap gambar Nebula Carina. Film ini adalah film yang bagus.

Hubble adalah setara dengan teleskop cahaya tampak konvensional dan diluncurkan pada tahun 1990. Sejak itu, teknologi telah berkembang cukup pesat. Namun, foto yang dihasilkan Pemimpin teleskop James Webb Terlalu banyak informasi.

Siapa pun yang melihat representasi kecil ini akan setuju bahwa ada banyak informasi dalam versi Webb. Struktur tipis nebula berkembang menjadi formasi dan gugus awan yang kompleks, mengungkapkan bintang dan galaksi tambahan.

Gambar Hubble memiliki resolusi sekitar 23,5 megapiksel dan 32 megabit tanpa kompresi. Gambar web berukuran sekitar 123-137 MB.

Bahkan dengan data lebih dari lima kali, gambarnya tidak lengkap. Menurut spesifikasi Webb, instrumen tersebut akan mengirimkan data 25 kali lebih cepat daripada Hubble, termasuk gambar yang lebih besar dan lebih detail yang diambil pada jarak 3.000 kali lebih jauh.

READ  Letusan Terbesar Gunung Tambora Hancurkan 3 Kerajaan di Sumbawa