Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pencahayaan: Tata surya

Kenali ciri-ciri benda langit yang disebut planet, berikut kriterianya

KONTAN.CO.ID – Mengenali ciri-ciri benda langit yang disebut planet. Setidaknya tiga karakteristik harus dipenuhi agar benda langit dapat dianggap sebagai planet.

Sejauh yang kita ketahui, planet adalah salah satu benda langit non-eksotis. Seperti Bumi, banyak makhluk hidup merupakan bagian dari planet-planet di Tata Surya.

Selain itu, langit macam apa yang bisa disebut planet? Dan apa definisi planet?

Mengikuti perkembangan sejarah ilmiah, definisi planet telah berubah dari waktu ke waktu. Dikutip dari situs resmi NASA pada tahun 2006. Persatuan Astronomi Definisi planet menyatakan bahwa ia harus sesuai dengan tiga karakteristik berikut.

Baca selengkapnya: Inilah potret alam semesta yang berhasil ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb

Sifat benda langit yang disebut planet:

  1. Planet-planet di tata surya kita harus berputar mengelilingi matahari.
  2. Sebuah benda angkasa yang disebut planet harus memiliki gravitasi yang cukup untuk menjadi bulat.
  3. Benda langit ini, yang disebut planet, juga harus cukup besar sehingga gravitasinya dapat menghancurkan objek astronomi lain dengan ukuran yang sama dalam orbit dekat mengelilingi Matahari.

Secara singkat, sifat-sifat benda angkasa yang disebut planet adalah bahwa pada saat mengorbit Matahari, gaya gravitasinya memiliki massa yang cukup untuk mengatasi gaya benda padat, sehingga berada dalam kesetimbangan hidrostatik (hampir bulat), dan lingkungan sekitarnya. orbitnya.

Menurut definisi ini, tata surya dianggap memiliki delapan planet. Meskipun ada beberapa benda langit yang memenuhi dua syarat pertama, tetapi tidak yang ketiga, mereka diklasifikasikan sebagai planet kerdil.

Dengan catatan, benda langit tersebut bukanlah satelit alami planet lain. Beberapa contoh planet kerdil adalah Pluto, MacMac, dan Eris.

Baca selengkapnya: Deskripsi satelit: Benda-benda langit di sekitar planet ini, mari kita cari tahu!

READ  Cristiano Ronaldo mencetak rekor langka dengan dua gol untuk kemenangan Juventus

Berbicara tentang Pluto, planet ini berada di urutan ke-9 dalam tata surya. Sayangnya, definisi planet untuk Pluto masih diperdebatkan oleh para ahli.

Pada akhir tahun 2006, Persatuan Astronomi Internasional (IAU) mengeluarkan resolusi yang mendefinisikan planet dan menetapkan kategori baru, yaitu planet kerdil atau planet kerdil.

Oleh karena itu penemuan Pluto dan planet ke-10 yang disebut Eris pada saat itu termasuk dalam kategori planet kerdil atau planet kerdil.planet kerdil)

IAU mendefinisikan beberapa definisi planet sebagai berikut, yang dibagi menjadi tiga kategori berbeda:

  1. Planet adalah benda langit yang (a) mengorbit Matahari, (b) memiliki massa yang cukup untuk mendapatkan gaya gravitasinya sendiri untuk mengatasi gaya benda padat sehingga berada dalam kesetimbangan hidrostatik (hampir bulat), dan (c) hancur. lingkungan di sekitar orbitnya.
  2. planet kerdil (planet kerdil) Benda langit (a) mengorbit Matahari, (b) memiliki massa yang cukup untuk mendapatkan gaya gravitasinya sendiri untuk mengatasi gaya benda tegar, sehingga dianggap berada dalam kesetimbangan hidrostatik (hampir bulat), (c) tidak merusak lingkungan sekitar orbitnya, dan ( d) bukan satelit.
  3. Semua objek selain satelit yang mengorbit Matahari secara kolektif “”Badan tata surya kecil“Atau objek tata surya kecil.

Ini adalah beberapa hal yang dapat Anda ketahui tentang benda langit yang disebut planet.

Bagaimana? Apakah Anda sekarang mulai memahami bagaimana langit disebut planet?

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita