Mei 30, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Cara mudah cek kualitas oli mesin mobil tanpa uji lab

Cara mudah cek kualitas oli mesin mobil tanpa uji lab

KLATEN, KOMPAS.comKualitas oli mesin Bagian dari kendaraan yang memerlukan kontrol terus-menerus oleh pengguna. Pasalnya, oli yang kotor dapat menimbulkan berbagai kerugian pada mesin.

Kualitas Ada sebuah mesin Ketika digunakan seiring berjalannya waktu, bahan-bahan tersebut pasti akan terdegradasi karena kotoran seperti sisa-sisa sisa gaya gesekan antar komponen, emisi karbon dari pembakaran, dan sebagainya.

Hardy Vibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, menuturkan survei tersebut Kualitas oli mesin Cara ini bisa kamu lakukan dengan dipstick, walaupun kurang akurat, namun setidaknya kamu bisa melakukan cara ini dengan memfokuskan dengan baik.

Baca Juga: Penyebab Oli Mesin Keruh

https://atlib.info/ Membandingkan kualitas oli mesin pada selembar tisu

“Untuk mengetahui kualitas oli mesin yang benar perlu ke laboratorium untuk memeriksanya, karena kualitas oli ditentukan oleh kandungan dan kekentalannya, ada banyak parameternya, namun tidak semua orang bisa menggantinya. oli setiap saat. Mereka ingin menggantinya,” kata Hardy kepada Kompas.com, baru-baru ini.

Oli yang disediakan dapat diperiksa dengan dipstick. Menurut Hardy, cara ini sangat mudah dan efektif digunakan konsumen. Hanya konsumen yang boleh mengetahui apa saja kriteria oli mesin baik dan buruk berdasarkan warna dan tekstur.

“Jika dilihat lebih dekat, oli mesin mengandung koloid berupa bubuk yang sangat halus, dan sudah saatnya diganti. Jika terjatuh atau dilap dengan handuk dan kotorannya terlihat, saatnya menggantinya. , kata Hardy.

Baca Juga: Kehabisan oli mesin di jalan merupakan risiko serius bagi sebuah mobil

Periksa level oli mesin dengan dipstickTangkapan layar Periksa level oli mesin dengan dipstick

Serbuk ini merupakan kontaminan dari sisa gaya gesek antar komponen mesin yang berputar. Hardy juga menjelaskan, jika terdapat kerak oli atau lumpur pada dipstick, pemeriksaan dapat dilanjutkan dengan melihat bagian-bagian mesin melalui lubang pengisian karena hal tersebut sering menjadi tanda-tanda penggantian oli sudah terlambat.

READ  1000cc Turbo War, Rice-Rocky atau Magnite yang lebih bertenaga?

“Ada saatnya kotoran oli perlahan menumpuk dan lama kelamaan mengganggu pelumasan mesin, hal ini juga perlu segera diatasi,” kata Hardy.

Selain kotoran, benda asing seperti air juga dapat menurunkan kualitas oli mesin. Ketika oli mesin dicampur dengan air, terjadi perubahan warna bening.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Mobil 5.000 Km atau 10.000 Km Sesuai Buku?

Warna oli berubah menjadi putih susu atau moka yang artinya tercampur air, sebaiknya segera diganti, ini tandanya ada masalah pada mesin sehingga sebaiknya dibawa ke bengkel.Pemeriksaan, kata Hardy .

Konsumen bisa merasakan performa mesin jika performanya lebih berat dari biasanya, suaranya agak kasar, lalu terdengar bunyi deritan, yang bisa jadi pertanda oli perlu diganti, kata Hardy.

“Intinya penurunan kualitas oli akan mempengaruhi performa, sehingga konsumen harus peka terhadap hal ini dan segera mengganti oli,” kata Hardy.

Nah, beberapa tanda oli mesin perlu diganti adalah jika dilihat kualitasnya melalui dipstick atau performa mesin menurun.


mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.