Agustus 17, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menemukan sesuatu yang 'aneh' di alam semesta

Cari tahu tentang Canopus, bintang paling terang kedua di langit malam

Canopus jarang dipelajari karena tidak ditemukan di belahan bumi utara.

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta – Satu pintong Yang paling terang adalah kanopi. Bintang paling terang kanopus Ini paling baik dilihat di belahan bumi selatan, dan terletak di konstelasi Karina.

Dikutip Ruang angkasa, Canopus adalah raksasa kelas F di deret utama bintang. Massa kanopi sebanding dengan massa matahari. Jarak dari Bumi ke Canopus diperkirakan 313 tahun cahaya, berdasarkan pengukuran paralaks yang dilakukan oleh pesawat luar angkasa Hypercos.

Canobus adalah bintang yang kurang dipelajari karena tidak diketahui dari sebagian besar belahan bumi utara. Selain itu, karena hanya ada sedikit bintang sejenis lainnya (raksasa kelas F yang terikat hidrogen), sulit untuk memperkirakan kecerahan intrinsik bintang tersebut.

Akibatnya, banyak kesalahan perhitungan dibuat tentang luminositas kanopi, beberapa memperkirakan 60.000 kali lebih tinggi dari sinar matahari. Setelah peluncuran satelit Hypercos pada 1990-an oleh European Space Agency (ESA), pengukuran paling akurat akhirnya dilakukan.

Menurut Badan Antariksa AS (NASA), misi itu adalah “pesawat ruang angkasa pertama yang didedikasikan untuk mengukur posisi, jarak, gerakan, kecerahan, dan warna sebuah bintang.

Meskipun jauh dari Bumi, luminositasnya menjadikannya bintang paling terang kedua di langit malam. Bintang paling terang di langit malam Serius Jaraknya 8,3 tahun cahaya.

READ  Mengapa umat manusia tidak percaya membangun stasiun luar angkasa di bulan?