Desember 7, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

First Drive Toyota Innova Genix Hybrid: Gijang tidak akan pernah sama lagi!

Jakarta

Setelah 45 tahun hadir di Indonesia, generasi ketujuh Toyota Kijang akhirnya hadir dengan nama Innova Zenix Hybrid.

Selain menyaksikan proses kelahirannya, Tettigodo juga mendapat kesempatan untuk test drive Toyota Innova Genyx Hybrid secara langsung. Bagaimana kesannya?

All New Toyota Gijang Innova Genix Engine Foto: Prathita Utama/Detigodo

Mesin hybrid bukan hanya tentang membuatnya efisien

Toyota Innova terbaru hadir dalam dua pilihan mesin, bensin biasa dan mesin bensin yang dipasangkan dengan motor listrik, hybrid.

Keduanya bermesin M20A, namun varian bensin konvensional berkode FKS, sedangkan varian hybrid berkode FXS. Keduanya berkapasitas 1.987 cc dan berkonfigurasi 4 silinder dengan dual VVT-i.

Kami menguji Toyota Innova Zenix versi hybrid. Di antara varian tersebut, mesin bensin bertenaga menghasilkan tenaga 152 PS dan torsi 187 Nm, menambah tenaga dan torsi lebih besar dari motor listrik.

Toyota mengklaim mesin bensin tersebut dipasangkan dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga 113 PS dan torsi 205 Nm. Secara total, mesin hybrid tersebut menghasilkan tenaga 265 PS dan torsi 392 Nm. tidak biasa.

Tes yang kami lakukan tergolong dinamis dan berlangsung dalam waktu singkat. Namun dari uji coba awal ini, bisa dibayangkan betapa asyiknya Toyota Innova Genix Hybrid.

Pertama kali menginjak pedal gas, aliran tenaga mesin hybrid ini terasa halus dan enteng. Ya, karena dulu kita langsung disambut dengan mode EV, ternyata mobil ini hanya berjalan dengan motor listrik dan baterai.

Rasanya seperti mengendarai mobil listrik murni. Kami sama-sama terkejut sekaligus tidak percaya karena kapan kami merasakan kijang bergerak tanpa suara dan tanpa emisi.

READ  Mitsubishi memberi kode baru Pajero Sport Facelift tahun ini

Saya ingat mengendarai Kijang kapsul dengan mesin diesel 2L di mana Anda bisa merasakan getaran, suara ‘kasar’ dan asap hitam yang keluar dari knalpot. Kijang tidak sama sekarang.

Toyota telah resmi meluncurkan Kijang Innova Zenix Hybrid.  Menambahkan nama Zenix mengubah mobil ini sepenuhnya.  Jadi, bagaimana test drive-nya?Toyota telah resmi meluncurkan Kijang Innova Zenix Hybrid. Menambahkan nama Zenix mengubah mobil ini sepenuhnya. Jadi, bagaimana test drive-nya? Foto: Praditha Uttama

Kembali ke Innova Zenix Hybrid, saat mobil membutuhkan tenaga yang lebih banyak dan lebih cepat, tinggal tancap gas dan nyalakan mesin bensin. Ini mempercepat mobil dengan kekuatan nyata.

Kami sempat memanggil Innova Genix Hybrid Slope untuk ditelan. Hasil? Tentunya dengan bantuan motor listrik, Kijang Innova jauh lebih mudah melintasi tanjakannya. Sepertinya tidak ada kesulitan bahkan berhenti di tengah jalan dan melanjutkan perjalanan.

Sementara Toyota belum membuktikan klaim Toyota soal performa mesin hybrid pada Innova, namun menurut kami hadirnya peranti elektrifikasi pada Innova terbaru tidak membuat mobil ini irit.

Lebih dari itu, pengalaman berkendara terasa menyenangkan. Pasalnya, mobil ini bisa dihentikan dengan mudah dan senyap, tapi juga bisa ‘dijalankan’ karena tenaganya yang besar.

[Halaman selanjutnya: Impresi Transmisi, Handling dan Suspensi]