Februari 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Hanya gambar Venus yang diambil yang mengerikan

Hanya gambar Venus yang diambil yang mengerikan

Ditulis oleh April Ryder | Diterbitkan

Namun, mendapatkan gambaran Venus tentu saja sulit Tanda peringatan “Gambar yang kami miliki menggambarkan sebuah planet yang sangat berbahaya dan aneh,” jelasnya. Meskipun Venus sangat mirip dengan Bumi dalam ukuran, komposisi, dan kepadatan, lapisan batuan kedua dari Matahari ini tidak aman dan tidak layak huni bagi kehidupan manusia.

Permukaan Venus dikelilingi oleh gas beracun dan awan asam. Suhu permukaan rata-rata Venus adalah sekitar 867 °F (464 °C), dan tekanan atmosfer planet ini kira-kira 100 kali lipat tekanan atmosfer Bumi.

Venera 7 menjadi pesawat luar angkasa pertama yang berhasil mendarat di planet lain.

Tanpa perlindungan, manusia tidak dapat bertahan lebih dari beberapa detik di planet ini tanpa meledak atau terbakar. Berkat atmosfer Venus yang tebal dan beracun, efek rumah kaca telah mengambil alih, menciptakan tempat yang sangat tidak ramah sehingga sulit dijelajahi manusia.

Permukaan Venus oleh Badan Antariksa Rusia

Selama bertahun-tahun, hanya segelintir gambar yang diambil dari Venus, dan Uni Soviet terakhir kali mengambil gambar tersebut antara tahun 1961 dan 1984. Soviet meluncurkan program luar angkasa Venera, yang tujuan utamanya adalah menjelajahi permukaan planet. Venus.

Proyek tersebut dinilai berhasil setelah mengirimkan 16 wahana berbeda ke planet misterius tersebut dan delapan dari 16 wahana mendarat di permukaan Venus. Venera merupakan misi pertama yang berhasil memasuki atmosfer planet lain pada tahun 1966, dan pada tahun 1970, Venera 7 menjadi pesawat luar angkasa pertama yang berhasil mendarat di planet lain.

Dari delapan wahana yang berhasil mendarat di permukaan Venus, Venera 12 bertahan paling lama sebelum dihancurkan oleh kondisi planet yang tidak bersahabat. Venera 12 bertahan dua jam sebelum kecelakaan.

READ  Ini adalah fungsi penglihatan matahari di teleskop James Webb

Meskipun Venus sangat mirip dengan Bumi dalam ukuran, komposisi, dan kepadatan, lapisan batuan kedua dari Matahari ini tidak aman dan tidak layak huni bagi kehidupan manusia.

Venera 9, 10, 13 dan 14 mampu mengambil gambar panorama Venus saat berada di permukaan planet tersebut. Venera 13 dan 14 mampu menangkap suara tersebut saat menyelidiki bola misterius tersebut. Video dan audio di planet ini setara dengan apa yang Anda lihat di film fiksi ilmiah.

Gambar pertama Venus diambil pada tahun 1975, dan gambar yang dihasilkan sangat sedikit dibandingkan gambar saat ini. Namun, mudah untuk melihat bahwa permukaannya sangat berbatu dan terjal. Pada tahun 1982, Venera 13 mengambil beberapa gambar permukaan Venus dengan kualitas terbaik, menunjukkan warna kuning aneh yang menyelimuti planet tersebut.

Gambar diambil oleh Vanera 13, disediakan oleh Badan Antariksa Rusia

Venus mendapatkan warna emasnya dari sinar matahari yang disaring melalui awan beracun yang menutupi permukaan planet. Ketika Brown University melakukan peningkatan gambar dan pemrosesan tambahan pada rekaman lama yang dikumpulkan oleh wahana Venus, terungkap bahwa bebatuan dan tanah yang menyusun permukaan Venus berwarna abu-abu tua.

Venera 12 bertahan dua jam sebelum kecelakaan.

Batuan berwarna abu-abu tua di permukaan Venus kemungkinan merupakan batuan vulkanik karena planet ini penuh dengan gunung berapi. Anda dapat dengan jelas melihat cakrawala vulkanik planet ini dalam rekaman yang diambil oleh Rusia 50 tahun lalu. Beberapa gunung berapi di permukaan planet ini juga tampak masih aktif.

READ  Mendengarkan! Lengkap dengan pengaturan waktu gerhana bulan 2023, dapat dilihat di Indonesia

Meskipun lingkungannya tidak bersahabat, mempelajari tetangga terdekat Bumi bermanfaat bagi para ilmuwan saat ini. Beberapa informasi dasar tentang evolusi planet dapat diperoleh dengan mempelajari perubahan yang diamati di planet terdekat seperti Venus.