Desember 7, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Hati-hati! Penjualan iPhone IMEI sedang meningkat

Jakarta

Beli dengan hati-hati iPhone Toko tidak resmi. Karena banyak perangkat datang baru-baru ini Identitas Peralatan Seluler Internasional (IMEI) palsu.

Menurut pengalaman Sari, dia membeli iPhone 11 di situs e-commerce. Saat hendak membeli, penjual menjamin sinyal tidak terblokir karena pajak IMEI sudah dibayar.

Percaya bahwa saree juga dibeli. Tidak ada masalah dengan sinyal seluler setelah dua bulan digunakan.

Namun setelah update iOS 16, iPhone tidak menerima operator seluler manapun di Indonesia. Dia kemudian menghubungi penjual dan sayangnya solusi yang diberikan kurang memuaskan.

“Saya minta dia membayar perpanjangan IMEI selama satu tahun,” kata Sari.

Pada akhirnya, Sari terpaksa membayar layanan buka kunci IMEI agar iPhone 11 miliknya bisa terkoneksi dengan sinyal seluler operator Indonesia.

ujar Noor Akbar, Associate Policy Analyst/Ketua, Satgas Harmonisasi Standar, Direktorat Standardisasi, Direktorat SDPPI, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Menanggapi isu tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan telah mengetahuinya. Saat ini pekerjaan implementasi sedang berlangsung.

“Berdasarkan informasi APSI (Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia), kami mengetahui adanya aktivitas ilegal untuk aktivasi IMEI ilegal dan saat ini sedang kami tindak lanjuti,” ujar Nur Akbar, Associate Expert Policy Analyst/Kepala Satgas Harmonisasi Standar. , Direktorat Standardisasi, Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Noor mengungkapkan, Cominfo melakukan pencarian. Sistem transparansi digunakan melalui aplikasi pendaftaran wisatawan.

Mendapati hal tersebut, Cominfo memanggil perwakilan seluruh operator untuk menindaklanjuti.

“Karena jatah 3 bulan diperpanjang lagi untuk turis. Makanya kami minta semua operator memverifikasi identitas pemegang paspor,” kata Noor.

Menurutnya, pendaftaran pariwisata tidak bisa diwakilkan oleh pihak ketiga. Ini seperti berjalan di luar. Misalnya, di Bangkok, bahkan di toko-toko kecil, turis dimintai paspor untuk memastikan bahwa orang tersebut patuh.

READ  Aki mobil jenis ini sedang populer di Indonesia

“Jadi ketika mereka membeli kartu SIM pastikan benar-benar turis,” kata Noor.

Kominfo juga menindak penyedia layanan unlock IMEI.

“Kominfo sudah melayangkan surat teguran ke perusahaan marketplace agar menghapus iklan layanan unlock IMEI karena tidak bisa pihak ketiga karena turis harus melakukannya sendiri,” jelas Noor.

“Data turis masih greylist. Kami hapus setiap tiga bulan. Ini agar storage kami tidak penuh,” lanjutnya.

Tonton videonya”Cara Cek Kode IMEI di iPhone
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)