Mei 12, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Hati-Hati! SMS ini bukan dari WhatsApp, ini adalah pencuri digital

Jakarta, CNBC Indonesia – Belum lama ini Direktorat Cyber ​​Crime (DTPsiper) mengungkap metode baru penipuan di dunia maya. Kali ini termasuk pesan yang diduga berasal dari situs berita pendek bernama WhatsApp.

“Penipu tidak akan pernah menyerah cara untuk menjebak korban, termasuk pesan-pesan penipuan yang dikirim melalui SMS. Salah satu bentuk penipuan SMS adalah mendukung aplikasi berita populer WhatsApp,” kata Cyber ​​Polly dalam kutipannya, Rabu (5/5/2021). ). .


Pelaku akan mengirimkan SMS ke korban. Nomor WhatsApp korban disebut-sebut berhasil memenangkan hadiah ratusan juta rupiah.

Di akhir pesan SMS akan ada link yang meminta korban untuk mengkliknya. Dalam tangkapan layar yang diunggah Cyber ​​Polly, belum bisa dipastikan kabar tersebut berasal dari WhatsApp.

Foto: Dok. CCicpolri Instagram
Penipuan WhatsApp

Tautan dalam pesan tersebut dicurigai polisi melakukan penipuan dengan maksud untuk mencuri akun korban.

Cyberbully juga membagikan cara agar tidak menjadi korban phishing ini. Artinya, masyarakat diminta untuk tidak menekan link yang ada di dalam pesan tersebut.

Karena Cyber ​​Polly mengatakan pesan itu tidak dikirim dari perusahaan teknologi berita. Masyarakat cenderung menjadi korban dengan menekan tautan tersebut.

“Karena pesan tidak dikirim langsung melalui WhatsApp, phishing cenderung menjerat konsumen dalam hubungan ini seperti dalam banyak kasus lainnya,” kata Cyber ​​Polly.

Sebagai informasi, DTPitziper merupakan unit kerja di bawah Parescrim Polari. Tugasnya adalah menegakkan hukum kejahatan dunia maya. DittyPitziper menangani kejahatan dan kejahatan terkait komputer.

[Gambas:Video CNBC]

(Roy / Roy)


READ  Vivo X60 Series 5G, dengan fitur Extreme Night Vision 2.0, mengabadikan momen dalam kegelapan