April 22, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Hewan sebelum dinosaurus, dari Astrabis hingga Zeigelopterus

Hewan sebelum dinosaurus, dari Astrabis hingga Zeigelopterus

Hewan sebelum dinosaurus sebenarnya cukup beragam. Disini kita membahas beberapa hewan yang hidup sebelum dinosaurus. Bagi yang penasaran dengan keberadaan hewan purba tersebut, pembahasan ini wajib disimak.

Kita tahu bahwa dinosaurus adalah makhluk purba paling terkenal yang pertama kali hidup di Bumi. Mereka hidup sekitar 230 juta tahun yang lalu, selama periode Trias. Karena itu, banyak yang menganggapnya sebagai hewan raksasa tertua yang pernah hidup di Bumi.

Tapi tahukah Anda bahwa banyak hewan yang hidup sebelum hewan besar ini? Ya, banyak spesies hewan purba hidup di Bumi sebelum periode Trias. Hewan purba tersebut memiliki ciri atau ciri dan habitat yang berbeda.

Dinosaurus adalah hewan yang sudah ada sebelum bumi

Kita sudah mengetahui berbagai jenis dan bentuk dinosaurus yang pernah hidup. Lantas seperti apa bentuk atau wujud dari mereka yang hidup sebelum dinosaurus muncul? Hewan purba ini tentunya memiliki perawakan yang unik dan sangat menarik.

Baca selengkapnya: Hewan Primitif Mata Kristal Trilobite Hidup di Era Paleozoikum

Bahkan sekarang kita mungkin tidak dapat menemukan hewan dengan bentuk yang mirip. Bentuk dan ukuran hewan purba ini sangat bervariasi dan beragam. Bahkan hewan ini tergolong hewan terbesar di kategorinya.

Jadi makhluk mana yang hidup jauh lebih awal dari dinosaurus? Berikut ini akan kita bahas hewan-hewan tersebut beserta ciri-ciri atau ciri-cirinya. Pastikan anda menyimak pembahasan hewan purba ini sampai selesai.

Hewan sebelum dinosaurus Astrabis

Yang pertama adalah Astrabis, ikan tanpa rahang yang hidup di Amerika dan Bolivia. Hewan yang satu ini masih berkerabat dengan banyak ikan Ordovisium lainnya. Misalnya, ini terkait dengan Arandaspis Australia dan Sacapambaspis Amerika Selatan.

READ  Ilmu d. Rex menunjukkan kelemahan, lengan kecil dan lari lambat

Astraspis hidup 450 juta tahun yang lalu dan dilihat dari fosilnya, tingginya sekitar 20 cm. Tidak ada sirip di sisi tubuh dengan ekor bersisik seperti pelat pelindung kecil. Spesimen Astraspis dari daratan Amerika memiliki mata besar dan delapan bukaan insang.

Scutosaurus

Berikutnya adalah Scutosaurus yang termasuk dalam genus Reptilian dan dijuluki Kadal Lapis Baja. Mereka diperkirakan berasal dari periode Permian, 264 hingga 252 tahun yang lalu. Fosil Scudosaurus terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang 2,5 hingga 3 meter.

Baca selengkapnya: Fungsi Lengan Kecil T-Rex Terungkap Berkat Penemuan Spesies Baru!

Pra-dinosaurus ini memiliki tengkorak 50cm dan tubuh berlapis baja. Mereka berjalan dengan empat kaki dan menopang tubuh besar mereka. Scutosaurus sendiri adalah herbivora yang lambat dan tidak seseram kelihatannya.

Dickinsonia

Hewan sebelum dinosaurus. Foto: Unggulan

Dickinsonia hidup pada periode pra-Kambrium atau Ediacaran, sekitar 600 juta tahun yang lalu. Fosilnya menyerupai ubur-ubur, mulai dari ukuran beberapa milimeter hingga satu meter. Berdasarkan fosil tersebut, hewan ini memiliki tubuh berbentuk oval yang simetris.

Hewan ini pertama kali ditemukan di Australia Selatan pada tahun 1947. Namun, beberapa ahli berpendapat bahwa hewan purba ini lebih tua dari periode Cambrian. Karena sebagian ahli menganggap bahwa Dickinsonia bukanlah hewan, melainkan tumbuhan.

Nimodesmus pneumanii

Hewan sebelum dinosaurus

Hewan pra-dinosaurus ini tampak mirip dengan kaki seribu saat ini. Mereka hidup pada akhir periode Silur, atau sekitar 428 juta tahun yang lalu. Nimodesmus neumannii adalah hewan pertama yang menghirup udara dan hidup di darat.

Jeygelopterus

Jaikelopterus adalah jenis arthropoda akuatik yang hidup di lautan. Berdasarkan sisa-sisa fosil, terlihat bahwa mereka berukuran 2,3 hingga 2,6 meter. Maka tidak mengherankan jika banyak yang menyebut Jeygelopterus sebagai arthropoda terbesar.

READ  Makhluk laut mirip alien ditemukan di Jurassic Bombay, Inggris

Baca selengkapnya: Hiu Megalodon, Misteri Kepunahan Monster Air Purba Akhirnya Terungkap?

Bentuknya menyerupai kalajengking laut atau lobster besar. Mereka memiliki mata majemuk dengan ketajaman visual yang tinggi, menjadikan mereka predator puncak. Jagelopterus hidup 390 juta tahun yang lalu selama periode Devonian.

Mereka adalah beberapa hewan yang pernah hidup di bumi kita sebelum adanya dinosaurus. Ternyata dinosaurus bukanlah makhluk tertua yang menguasai bumi. Tetapi banyak hewan hidup sebelumnya, baik di darat maupun di laut. (R10/HR-Online)