Juli 7, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Planet surya

Ini adalah definisi benda langit lengkap dengan 5 contoh terkenal

KONTAN.CO.ID – Ini adalah arti dari benda langit lengkap dengan contoh terkenal. Bagi sebagian pembaca yang sebelumnya belum paham tentang langit, bisa mengetahui lebih lanjut di sini.

Ketika alam semesta terbentang, ada banyak hal yang tidak kita ketahui. Seperti yang kita ketahui, kita cenderung mudah melihat benda-benda di sekitar kita.

Baik benda hidup maupun benda mati. Tapi bagaimana dengan benda lain yang jauh dari kita? Atau bahkan benda-benda yang berada dalam jangkauan kita di luar angkasa.

Benda-benda langit adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan benda-benda yang terdapat di ruang angkasa dan sekitarnya.

Jadi, apa benda langit itu?

Benda langit juga biasa disebut benda astronomi. Definisi benda langit adalah objek fisik atau struktur di alam semesta yang dapat diamati.

Alam semesta yang terlihat terdiri dari berbagai galaksi dan objek lain yang dapat diamati dari Bumi saat ini. Ini karena cahaya dan sinyal lain dari benda-benda ini telah mencapai Bumi sejak awal ekspansi kosmik atau perluasan alam semesta.

Sederhananya, benda langit adalah objek di alam semesta yang dapat diamati, termasuk ruang angkasa.

Untuk memperjelas hal ini lebih lanjut, mari kita lihat beberapa contoh benda angkasa populer.

Baca selengkapnya: Sisa-sisa komet yang hancur membentuk hujan meteor baru akhir bulan ini

1. Planetnya

Planet adalah salah satu benda langit yang paling dikenal. Pengertian planet adalah benda langit dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Mengorbit sebuah bintang atau sisa-sisa bintang;
  • Benda langit memiliki bentuk keseimbangan hidrostatik (bentuk hampir bulat) yang memiliki massa yang cukup untuk menahan tarikan gravitasinya sendiri untuk mengatasi tekanan benda padat;
  • Pada pusatnya tidak cukup besar untuk menyebabkan fusi termonuklir deuterium;
  • Telah “memusnahkan lingkungan” atau mengosongkan orbitnya sehingga tidak ditempati oleh benda-benda angkasa yang cukup besar kecuali satelit, terutama di daerah sekitar orbitnya;
  • Dengan diameter lebih dari 800 km.
READ  Jenis karburator sepeda motor berdasarkan bentuk venturi dan katup gas

Ada 8 planet di tata surya, yaitu:

  1. Air raksa
  2. Venus
  3. Bumi
  4. Selasa
  5. Kamis
  6. Saturnus
  7. Uranus
  8. Neptunus

Baca selengkapnya: Tanda Zodiak dari 12 rasi bintang yang dikenal dari Aries hingga Pisces