Maret 31, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pendiri IOF Almarhum Asghar Karthiva menitipkan wasiat duka untuk pemakamannya, berikut isinya

mobilinanews (Jakarta) – Ratusan pekerja Kendaraan Nasional mengantar almarhum Askar Kartiwa ke tempat peristirahatan terakhirnya di TPU Jeruk Burut, Jakarta Selatan pada Selasa (28 Februari 2023) sore.

Salah satu pendiri dan presiden IOF (Indonesia Off-Road Federation) periode 2014-2018, meninggal dunia Selasa (28/2/2023) dini hari di rumahnya di Jalan Benda, Jakarta Selatan dalam usia 68 tahun. kesehatan yang buruk.

Rekan-rekan pendiri IOF yang dikenal sebagai off-roader terbaik Indonesia turut hadir dalam prosesi pemakaman dan penguburan.

Toyota Bandera Seri 7 (2022) yang dibeli 4 bulan lalu digunakan sebagai mobil jenazah dengan stiker IOF.

Mereka antara lain Harry Sanusi, Yuma Wiranadakusuma, Hendrick Badu, Justinus Sialim, Vijaya Kusuma dan Moko Karzono. Mereka adalah bagian dari total 14 figur kendaraan yang membentuk IOF.

Off-roader veteran Alex Bri Pangun, M Bobo Aprilianto dan Irwan “Gibet” Rachim memenangkan bendera Trangah Offroad Team pada tahun 1990-an.

Semua orang merasa bahwa Akai telah kehilangan citranya dan Asghar Karthiva memanggilnya sebagai teman dan sekutu tim IOF.

“Bukan hanya saya, tapi semua orang IOF harus berduka atas kematiannya. Sebagai seorang teman, saya memiliki banyak pengalaman dengannya. Dia orang yang baik. Di bawah kepemimpinannya, IOF telah berkembang pesat,” kata Yuma.

Yang mengejutkan adalah apa yang terjadi pada Harry Sanusi, salah satu pendiri dan eksekutif IOF, yang menjadi mitra diskusi almarhum.

“Sebagai teman, dia sangat baik. Tapi di sistem IOF, kami sering ‘bertengkar’ karena beda pendapat,” ujar offroader kawakan yang kerap menghabiskan waktu bersama Akai, termasuk offroading dengan “baterai” lain untuk iseng.

Beberapa jam setelah kematian Akai, hal tak terduga terjadi. Harry mendekati Sanucci di kamar mayat sementara seorang notaris sedang menyerahkan surat wasiat. Wasiat yang dibuat oleh almarhum untuk dirinya sendiri.

READ  Baru saja dijual di Indonesia, Hyundai menghentikan produksi Ionic pada Juli 2022

“Termasuk keinginannya untuk pemakaman jika menghadap Allah SWT. Ada juga masalah pribadi, kita bisa membicarakannya kapan saja. Tidak sekarang,” kata Hari Sanusi yang dikenal sangat dekat dengan almarhum.

Prosesi pemakaman berarti bahwa peti jenazah harus dibungkus dengan bendera IOF. Dia juga meminta untuk dibawa dengan mobil jenazah dengan stiker IOF di kedua sisi mobil.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar. Itu bentuk kecintaan almarhum kepada IOF. Sebuah Toyota Bandera Seri 7 tahun 2022 dijadikan jenazah. Mobil ini dibelinya 4 bulan lalu,” ujarnya.

Harry hanya menyesali satu hal. Dikatakannya, pada Minggu malam kemarin, almarhum suka mengobrol dan bercanda bersama.

“Tapi saya tidak bisa datang karena saya ada di IIMS Auto Show di Kemayoran, Jakarta Pusat,” keluh Harry, yang bersama Yuma and the Dead pernah menjadi ketua tim ORD (Off Road Division) di masa lalu. (RN)