Februari 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Untung Rp.  Sebesar 51,17 T, BRI (BBRI) Bagikan Dividen Minimal 70%

Untung Rp. Sebesar 51,17 T, BRI (BBRI) Bagikan Dividen Minimal 70%

Jakarta, investor.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 13 Maret, dengan salah satu agendanya adalah pemanfaatan laba bersih tahun buku 2022. Pemilik perusahaan publik dengan laba bersih konsolidasi mencapai Rp51,17 triliun, Rasio pembayaran dividen BRI minimal 70% untuk 4 tahun ke depan.

Direktur Utama BRI Sunarzo menjelaskan besaran dividen tergantung dari kecukupan modal perseroan. Dia menegaskan, karena permodalan BRI begitu kokoh, tidak ada alasan bagi perseroan untuk tidak membagikan dividen kepada pemegang saham dengan bunga yang lebih tinggi.

“Dividen tahun ini, kapitalisasi BRI kuat, CAR lebih dari 25%. Mengikuti Basis 3 sudah cukup Risiko kontra-siklus Hanya 17,5% yang dibutuhkan. Jadi kita punya Ruang Pakai CAR itu besar sekali,” kata Sunarso kepada Investor Daily di Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Baca selengkapnya: Pesta laba bank besar berlanjut di 2023

BRI mengumumkan RUPST pada 13 Maret 2023. Nantinya, pertemuan akan dilakukan secara elektronik melalui sebuah fasilitas Sistem Rapat Umum Elektronik KSEI (eASY.KSEI). PRI, selalu berbisnis dengan orang dan diproses oleh orang. Keuntungan BRI juga dikembalikan kepada masyarakat melalui pajak dan dividen.

“Konsumsi mobil setiap tahun hanya 2%, tidak perlu menahan laba untuk memperkuat modal 3-4 tahun ke depan. Kita beri waktu 3-4 tahun. Rasio pembayaran dividen Minimal 70%,” kata Sunarzo.

Baca selengkapnya: Pendapatan Accet ( ACST ) mengurangi kerugian bersih

Jika mengingat tahun lalu, per Maret 2022, BRI telah membagikan dividen tunai tahun buku 2021 sebesar Rp26,4 triliun atau minimal Rp174,23 kepada pemegang saham. Saham perbendaharaan sebelum tanggal Pengurangan. Jumlah tersebut mencapai 85% dari total laba BRI.

READ  Pemerintah Rs. Mau Subsidi Mobil Listrik 80 Juta, Gila DPR: Nggak Masuk Akal!

Secara historis, tingkat dividen BRI terus meningkat sejak tahun 2011 Rasio pembayaran dividen BRI terus tumbuh pada tingkat 20% dari laba bersih untuk FY11 dan 85% dari laba bersih untuk FY2021. Ini merupakan komitmen BRI untuk mengembalikan keuntungannya kepada masyarakat.

Pengarang: Hantayani cantik ([email protected])