September 28, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Orang-orang menyaksikan gerhana matahari di Bozo.

Proses terjadinya gerhana matahari dan jenis-jenisnya

Viva menangsaya – gerhana matahari adalah fenomena langit yang terjadi selama Bumi, bulan Dan Matahari sejajar dalam garis lurus, dan Bulan melewati setengah jalan antara Matahari dan Bumi, sampai sebagian atau seluruhnya menutupi Matahari.

Jika dibandingkan dengan Bumi, ukuran Bulan sangat kecil. Selain itu, jaraknya juga jauh. Oleh karena itu, pada saat gerhana matahari, hanya sebagian dari umbra bumi yang berada di dalam umbra dan terjadilah gerhana.

Orang-orang menyaksikan gerhana matahari di Bozo.

Foto:

  • VIVA.co.id/Mitha Meinansi (Poso, Sulawesi Tengah)

Gerhana matahari, terutama gerhana total, selalu menarik untuk disaksikan, apalagi saat-saat seperti ini jarang terjadi. Namun, terlepas dari keindahan peristiwa gerhana, melihat langsung ke Matahari tidak terlalu bagus.

Sebaiknya gunakan pelindung mata untuk melihat gerhana matahari, seperti kacamata hitam, teropong, teropong, dan lainnya.

Proses terjadinya gerhana matahari.

Dilansir dari Pusat Informasi Iptek Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Gerhana matahari terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi berada dalam satu garis lurus. Jadi bulan tampak menelan matahari seluruhnya atau sebagian.

Namun, posisi sebaris di antara ketiganya ini tidak terjadi setiap saat, karena orbit Bumi mengelilingi Matahari tidak sebidang dengan orbit Bulan mengelilingi Bumi, melainkan miring sekitar 5,1 derajat terhadap ekliptika.

Ekliptika adalah lintasan yang ditempuh suatu benda di sekitar titik pusat tertentu dari suatu sistem koordinat. Ekliptika pada benda langit adalah bidang melingkar berupa garis khayal yang menjadi lintasan benda langit dalam mengitari titik pusat tata surya.

Deskripsi gerhana matahari

Deskripsi gerhana matahari

Selama fase total gerhana matahari, ada beberapa hal menarik yang bisa kita amati. Di dalamnya, intensitas sinar matahari berkurang, dan situasi di Bumi tampak suram. Selain itu, atmosfer bumi juga akan mendingin, suhu akan menurun, kelembapan akan meningkat, dan kecepatan angin akan berubah.

READ  Ilmuwan Mendeteksi Dua Gempa Dahsyat Terjadi di Mars

Jika orbit Bulan dan Matahari berada pada bidang yang sama, gerhana matahari dan gerhana bulan akan terjadi secara berurutan setiap bulannya. Tapi karena kenyataannya tidak seperti itu, kita harus menunggu konfigurasi yang tepat.

Siculus Saras

Gerhana matahari dengan geometri yang sama pada setiap gerhana berulang setiap 18 tahun 11 hari 8 jam. Ini disebut siklus Saros.

Siklus Saros adalah siklus gerhana yang digunakan untuk memprediksi gerhana matahari dan bulan.

Penjelasan tentang proses terjadinya gerhana matahari tahunan.

Penjelasan tentang proses terjadinya gerhana matahari tahunan.

Foto:

  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

Gerhana yang terjadi dalam siklus Saros terjadi secara bersamaan pada simpul orbit yang sama. Dalam siklus saros posisi ekliptika mungkin atau mungkin tidak berubah ke posisi yang sama seperti sebelumnya.

Siklus Saros berlangsung 1226-1550 tahun dan terdiri dari 69-87 gerhana, campuran gerhana parsial, total, cincin dan hibrida. Gerhana total dalam satu siklus saros mencakup 40-60 kombinasi gerhana total, annular, dan hybrid.

Gerhana matahari total

Untuk gerhana matahari total (GMT), lebih pendek atau lebih lama di lokasi yang sama di Bumi hanya sekali setiap 375 tahun.

Namun, waktu hanyalah perhitungan statistik. Faktanya, lokasi yang sama dapat mengalami GMT dalam waktu 375 tahun atau menunggu lebih dari 1000 tahun untuk mengalami GMT lagi.

Simulasi melihat gerhana matahari melalui teleskop di Kementerian Agama Aceh

Simulasi melihat gerhana matahari melalui teleskop di Kementerian Agama Aceh

Foto:

  • VIVAnews / Dani Randi (Banda Aceh)

Jenis Gerhana Matahari

Dikutip Waktu dan tanggalAda 4 jenis gerhana matahari, antara lain:

1. Gerhana matahari cincin

2. Gerhana matahari sebagian

3. Gerhana matahari total

4. Gerhana matahari hibrida

Gerhana matahari hibrida, juga dikenal sebagai gerhana cincin total, adalah gerhana matahari yang sangat langka. Fenomena ini terjadi ketika gerhana yang sama berubah dari gerhana matahari cincin menjadi gerhana matahari total atau sebaliknya di sepanjang jalur gerhana.

READ  Cara mendesain halaman interior di rumah tropis tanpa membiarkan nyamuk masuk ke dalam ruangan - semua halaman