PSBK akan Pentas “Hajat dalam Selimut” di Galeri Indonesia Kaya

Portal Teater – Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) akan mempersembahkan sebuah pertunjukan musik teatrikal bertajuk “Hajat Dalam Selimut” akhir tahun ini di Galeri Indonesia Kaya (GIK) Jakarta.

Pentas ini merupakan persembahan karya para peserta program residensi Seniman Pascaterampil (SPt) dari pusat kesenian berbasis Yogyakarta tersebut selama tahun 2019.

Program SPt merupakan residensi seniman selama sembilan bulan dari berbagai latar belakang disiplin seni, dengan fasilitas belajar dan praktik kerja kolaborasi seni untuk pengembangan kapasitas diri.

Ada 10 seniman muda dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti uji ketahanan dan kreativitas, melalui fasilitasi proses penciptaan, pelatihan dan lokakarya untuk menciptakan sebuah karya dalam program ini.

Dimulai sejak 2014, program ini diselenggarakan dalam kerjasama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation.

Diskursus Ruang Publik

“Hajat Dalam Selimut” oleh para seniman muda ini akan mengisahkan tentang bagaimana para seniman PSBK membicarakan diskursus ruang publik sebagai ruang bersama.

Sebab kerap ruang publik juga memiliki kelonggaran aturan dan proses negoisasi yang dapat dimanfaatkan tiap individu untuk kepentingannya.

Salah satu bentuk penyalahgunaan yang kerap terjadi dalam dunia yang sudah terpapar teknologi digital adalah fakta bahwa individu mempublikan apa yang menjadi urusan intim ataupun privatnya.

Tidak ada lagi batasan yang jelas antara urusan publik dan urusan privat; segala hal dieksplor ke publik, seolah individu manusia kehilangan tubuh-privatnya.

Merespon itu tersebut, PSBK lewat lakon ini akan menekankan pengeksplorasian bebunyian, baik dari tubuh, ataupun teks itu sendiri.

Dijadwalkan, pertunjukan yang akan memperlihatkan karya eksperimental para seniman lintas daerah ini akan berlangsung pada Sabtu (7/12) pukul 15.00 WIB.

Tentang PSBK

PSBK didirikan pada 2 Oktober 1978 oleh maestro seni Indonesia Bagong Kussudiardja di Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta.

Bagong, selain dikenal sebagai koreograf, juga merupakan seorang pelukis, pematung dan penyair yang berani mendobrak batasan.

Oleh kritikus tari Sal Murgiyanto, Bagong disebut sebagai pelopor lahirnya tarian modern Indonesia. Setelah wafat pada 2004, PSBK kini dipimpin anaknya yang juga seorang seniman, Butet Kartaredjasa.

Sejak berdirinya, PSBK memusatkan perhatian pada pertumbuhan dan pengembangan nilai seni, baik yang berbentuk keindahan hidup bersama maupun karya.

PSBK memakai metode belajar aktif-partisipatif yang menjembatani proses kerjasama seniman dan masyarakat untuk bersama-sama memanfaatkan kesenian untuk mencapai kehidupan yang bermartabat dan beradab.

Melanjutkan spirit Bagong Kussudiardja, PSBK hadir sebagai laboratorium kreatif, tempat berkumpul, dan ruang presentasi karya seniman dari berbagai disiplin.

PSBK menghadirkan karya seniman-seniman muda, fasilitasi riset-riset artistik dan pengembangan profesional seniman maupun masyarakat umum, dan merancang program-program untuk meningkatkan community engagement dan pengembangan jaringan melalui kesenian.

Sumber: Indonesiakaya.com, psbk.or.id, tirto.id

Baca Juga

Terpapar Corona, Disney Tunda Rilis Tujuh Film Baru

Portal Teater - Perusahaan raksasa dunia di bidang hiburan dan media, The Walt Disney Company (DIS) atau dikenal sebagai Disney, menunda penayangan perdana (premiere)...

Terpapar Corona, Pasar Bioskop China Merosot Tajam

Portal Teater - Pasar bioskop China merosot tajam sebesar US$1,91 miliar atau setara Rp30,6 triliun (kurs Rp16.000) selama dua bulan pertama tahun ini setelah...

Merayakan Hari Teater Dunia Di Tengah Corona

Portal Teater - Keprihatinan yang mendalam saya sampaikan kepada seluruh rekan teater Indonesia yang sejak Februari 2020 harus membatalkan atau mengundurkan waktu pertunjukkan. Hal itu...

Terkini

Tujuh Program Studiohanafi Ditunda Karena Corona

Portal Teater - Meluasnya penyebaran virus corona, di mana saat ini tercatat sudah 27 provinsi di Indonesia terpapar dan mungkin akan menghantam seluruh penduduk,...

Merayakan Hari Teater Dunia Di Tengah Corona

Portal Teater - Keprihatinan yang mendalam saya sampaikan kepada seluruh rekan teater Indonesia yang sejak Februari 2020 harus membatalkan atau mengundurkan waktu pertunjukkan. Hal itu...

Cegah Covid-19 Baru, China Batasi Akses Wisatawan Asing

Portal Teater - Untuk mencegah penyebaran virus corona baru, otoritas China sementara waktu akan menutup perbatasannya untuk sebagian besar wisatawan asing. Penutupan akses tersebut...

Transmisi Virus Corona Tak Terbendung, AS Terbanyak

Portal Teater - Transmisi virus corona terus meluas. Ini menunjukkan bahwa penyebaran corona makin tak terbendung di tengah ketidaksiapan dan kelambanan negara-negara untuk mencegahnya....

Dewan Kesenian Inggris Luncurkan Rp2,9T Untuk Sokong Industri Seni

Portal Teater - Dewan Kesenian Inggris atau Arts Council England (ACE) telah meluncurkan paket tanggap darurat senilai £160 juta atau setara Rp2,9 triliun (kurs...