Juli 6, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Seismometer NASA Insight Lander yang ditempatkan di Mars telah mencatat dua peristiwa seismik terbesarnya hingga saat ini.

Sampai saat ini, dua gempa bumi besar Mars telah tercatat dari jauh

NASA

Seismometer NASA Insight Lander yang ditempatkan di Mars telah mencatat dua peristiwa seismik terbesarnya hingga saat ini.

Nationalgeographic.co.id – Seismograf Insight Lander NASA yang ditempatkan di Mars telah merekam dua peristiwa Gempa bumi Ini adalah yang terbesar hingga saat ini: gempa berkekuatan 4,2 dan 4,1 di Mars. Penggabungan ini adalah peristiwa pertama yang tercatat terjadi pada jarak planet dari pendarat, dan itu lima kali lebih kuat daripada peristiwa terbesar yang pernah tercatat.

Namun, pusat gempa dilaporkan di bawah tanah; tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan. Rekaman seismik pada 22 April 2022 dengan judul “Jarak Mars: Dua Tremor Mars Jauh Terdeteksi Dengan Wawasan”.

Anna Harleston dan rekan-rekannya di University of Bristol mampu mengidentifikasi gelombang PP dan SS yang dipantulkan dari peristiwa berkekuatan 4,2 yang disebut S0976a, dan asalnya di Wallace Marineris, salah satu sistem geologi terbesar. Fitur Mars dan merupakan salah satu sistem graphene terbesar di Tata Surya.

Gambar orbital sebelumnya dari patahan penampang dan tanah longsor menunjukkan bahwa daerah tersebut akan aktif secara seismik, tetapi fenomena baru ini adalah aksi seismik pertama yang dikonfirmasi di sana.

S1000a, dicirikan oleh magnitudo 4,1 yang direkam setelah 24 hari, dicirikan oleh gelombang PP dan SS yang dipantulkan dan gelombang Pdiff, gelombang amplitudo kecil yang melebihi batas inti-mantel. Ini adalah pertama kalinya InSight melihat gelombang Pdiff. Para peneliti belum dapat menentukan lokasi pasti S1000a, tetapi mirip dengan S0976a, ia terbentuk di sisi jauh Mars. Kekuatan seismik S1000a juga membanggakan menjadi rekor terpanjang yang tercatat di Mars pada 94 menit.

READ  Alokasi CBNS di Pangandaran, Bupati 90% menyasar masyarakat adat

Relief peta permukaan Mars, Insight (segitiga oranye), area kejadian S1000a dan penampakan S0976a di Walls Marineris.

Harleston dkk. (2022)

Relief peta permukaan Mars, Insight (segitiga oranye), area kejadian S1000a dan penampakan S0976a di Walls Marineris.

Kedua gempa bumi Mars terjadi di zona bayangan pusat, area di mana gelombang P dan S tidak dapat merambat langsung ke seismometer Insight karena dihentikan atau ditekuk oleh pusat. Gelombang PP dan SS tidak mengikuti jalur langsung, tetapi akan memantul setidaknya sekali di permukaan sebelum merambat ke seismometer.

“Merekam peristiwa di dalam zona bayangan utama adalah langkah nyata menuju pemahaman kita tentang Mars. Sebelum dua peristiwa ini, sebagian besar gempa berada dalam 40 derajat Insight,” kata Savas Ceylan, co-editor ETH Z├╝rich. “Dalam bayangan pusat, energi melewati bagian Mars, yang secara seismik belum pernah kita alami sebelumnya.”

Baca selengkapnya: Pernahkah ada, mengapa dan bagaimana Mars kehilangan lautan?

Baca selengkapnya: Robot nakal NASA telah mendeteksi molekul organik di Mars



Konten yang diiklankan

Video Unggulan