Mei 26, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Seperti sepeda Onthel, Harley-Davidson Mbah Uyut ini Rp.  14 miliar terjual.

Seperti sepeda Onthel, Harley-Davidson Mbah Uyut ini Rp. 14 miliar terjual.

Jakarta

Generasi pertama Harley-Davidson mungkin tidak terlihat tangguh, namun motor besar asal Negeri Paman Sam ini memiliki nilai sejarah yang membuat masyarakat rela merogoh kocek puluhan ribu rupiah.

Dikutip Bagian kanan, Rabu (1/2/2023) Motor langka ini bernama Harley-Davidson Strap Tank. Motor ini menjadi salah satu barang termahal yang akan dilelang di Megum Las Vegas 2023.

Megum mengatakan motor strap tank Harley-Davidson ini dijual seharga 935 ribu dollar AS atau sekitar Rp 14 miliar.

Harley-Davidson Strap Tank ini adalah salah satu model tertua dan terlangka. Dalam sejarah Harley-Davidson, tidak ada model yang lebih penting daripada strap tank yang ikonik. Jika dilihat lebih dekat, Onthel terlihat seperti sepeda.

Cerita dimulai pada tahun 1901, ketika William S. Harley mengembangkan mesin silinder tunggal 116cc sendiri. Harley dan temannya di Milwaukee, Arthur Davidson, membutuhkan waktu dua tahun untuk membangun mesin pertama yang dipasang pada sasis sepeda.

Tangki Tali Harley Davidson Foto: Dok. Mega

Harley dan Davidson memperbesar mesin menjadi 405cc (mengikuti saran dari insinyur kelautan terkenal Ole Evinroot. Proyek kedua selesai pada September 1904, dan ditunggangi oleh Edward Hildebrandt di Milwaukee State Fair Park pada 8 September tahun itu, finis keempat.

Pada tahun 1905, produksi sepeda motor Harley-Davidson dimulai di pabrik penggergajian kayu kecil, dan perusahaan hanya membuat lima mesin pada tahun itu. Mesin produksi pertama ini diperbesar menjadi 440cc (dan menghasilkan tenaga sekitar 4 hp, yang sangat bagus pada masanya.

Setahun kemudian pada tahun 1906, sebuah pabrik baru dibangun di Chestnut Street – kemudian berganti nama menjadi Juneau Avenue dan masih menjadi kantor pusat Harley-Davidson hingga saat ini – dan sekitar 50 sepeda motor dibuat tahun itu. Model pertama ini dikenal sebagai Strap Tank.

READ  Aksi 'Lempar' Dolar AS Sukses! Area di dalam Gateway Global Drop

Strap tank muncul pada tahun 1907 sebanyak 150 unit, dan pada tahun 1908 jumlahnya meningkat menjadi 450 unit. Jumlah strap tank diperkirakan masih kurang dari selusin pada tahun 2023.

Unit yang akan dilelang dimiliki oleh David Uihlein dari Milwaukee, yang menemukannya di sebuah gudang pada tahun 1941. Jadi dia membawanya pulang dan menyimpannya selama 66 tahun.

Sepeda motor tersebut direstorasi oleh Paul Freehill, dan lelang mencakup banyak bagian seperti tangki asli, roda, katrol, sabuk mesin, penutup jok, dan lengan knalpot.

Tonton videonya”Kesan Pertama Harley-Davidson Sportster S: Garis Murah, Tapi Tetap Hebat!
[Gambas:Video 20detik]
(Kiri belakang)