Desember 6, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Sudah Biasa ‘Kirim’ Pemain ke Final Piala Dunia, Sekarang Giliran Siapa?

Jakarta

Sejak 1982, selalu ada pemain Inter Milan Dia pergi jauh-jauh ke final Piala Dunia. Pada hari itu edisi 2022Akankah kisah serupa terulang kembali?

Di Piala Dunia 1982, Italia mengalahkan Jerman Barat 3–1 di final. Setidaknya ada lima pemain Gli Azzurri yang memperkuat Inter, tiga di antaranya berada di papan atas, yakni Giuseppe Bergomi, Alessandro Altobelli, dan Gabriel Orieli. Sedangkan Ivano Borden dan Gianpiero Marini duduk di bangku cadangan.

Kemudian di Piala Dunia 1986, Argentina mengalahkan Jerman Barat 3-2. Saat itu, para pemain Inter justru menempati tim yang kalah, artinya Karl-Heinz Rummenigke bertindak sebagai kapten Die Mannschaft.

Lothar Matthäus memenangkan Piala Dunia 1990 saat membela Inter Milan. Foto: (Gambar Getty untuk Boulaner/Alexander Hassenstein)

Empat tahun kemudian di Piala Dunia 1990, Argentina dan Jerman Barat bertemu lagi di pertandingan pertama, namun kali ini tim Tango kalah 0–1. Inter yang diwakili oleh Andreas Brehm, Lothar Matthaus dan Jurgen Klinsmann menjadi pemenangnya.

Setelah Piala Dunia 1994, Brasil menjadi juara dunia setelah mengalahkan Italia melalui adu penalti di final. Dalam kesempatan itu, bek Gli Azzurri Nicola Berdi menjadi ‘duta’ Inter di partai final.

Situasi unik terjadi di Piala Dunia 1998, ketika Prancis mengalahkan Brasil 3-0 di final. Setiap tim diperkuat oleh pemain antar. Les Bleus punya Yuri Djorgeff, sedangkan Selecao punya Ronaldo Luis Nazario de Lima.

2002 30 Juni 2002 Penyerang Brasil Ronaldo merayakan kemenangan Brasil 2-0 atas Jerman dalam pertandingan ke-64 final Piala Dunia FIFA Korea Jepang 2002 di Stadion Internasional di Yokohama, Jepang pada 30 Juni 2002.  Ronaldo mencetak dua gol kemenangan untuk memberi Brasil gelar Piala Dunia kelima mereka. Foto AFP oleh Daniel Garcia (Gambar oleh Daniel Garcia / AFP)Ronaldo mencapai final Piala Dunia dua kali saat di Inter Milan. Foto: AFP/Daniel Garcia

Brasil memenangkan Piala Dunia 2002 dengan mengalahkan Jerman 2-0. Tim Samba kembali disemangati oleh Ronaldo yang mencetak dua gol dan menjadi bintang. Ini adalah musim terakhirnya di Inter.

READ  Marcelino Ferdinand menghadiri sesi latihan Timnas Indonesia U-19 jelang laga melawan Myanmar di Piala AFF U-19 2022: Okezone Bola

Italia melangkah ke Piala Dunia 2006, memenangkan gelar keempat mereka dengan mengalahkan Prancis di final melalui adu penalti. Para pemain Inter kembali menang setelah Marco Materazzi mencetak gol dan juga menjadi eksekutor dalam adu penalti.

Piala Dunia 2010 menyiapkan panggung untuk Wesley Sneijder, yang memenangkan treble Inter sebelum turnamen. Ia kemudian memimpin Belanda ke final, namun akhirnya kalah 0-1 dari Spanyol.

AFRIKA SELATAN - 2 JULI: Wesley Sneijder dari Belanda selama pertandingan Piala Dunia antara Belanda dan Brasil pada 2 Juli 2010 (Foto oleh Eric Verhoeven/Socrates/Getty Images)Meski memimpin Inter Milan meraih treble winner, Wesley Sneijder hanya berhasil membawa Belanda sebagai runner-up di Piala Dunia 2010. Foto: Getty Images/Socrates Images

Final Piala Dunia 2014 melihat beranda Interesti diperkenalkan kembali. Saat itu Argentina kalah 0-1 dari Jerman dan ada tiga pemain Albiceleste yang membela La Penamatta saat itu, yakni Hugo Campagnaro, Rodrigo Palacio dan Ricky Alvarez.

Terakhir, Inter diwakili oleh Marcelo Brozovic dan Ivan Perisic yang mengantarkan Kroasia ke final Piala Dunia 2018 sebelum kalah 2-4 dari Prancis. Di Piala Dunia 2022, setidaknya ada enam pemain dari Simone Inzaghi yang akan bertanding.

Mereka adalah Andre Onana (Kamerun), Lautaro Martinez (Argentina), Brozovic (Kroasia), Romelu Lukaku (Belgia), serta Denzel Dumfries dan Stefan de Vrij (Belanda). Bisakah salah satu dari enam negara maju ke final? Ataukah kisah indah Inter dan Piala Dunia akan berakhir kali ini?

Tonton videonya”Jelang Piala Dunia, Qatar memasang 15.000 kamera di 8 stadion.
[Gambas:Video 20detik]
(adp/af)