Januari 30, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Taliban sedang membangun mobil penantang Lamborghini, dengan mesin Toyota Corolla.

Jakarta

Taliban yang sekarang menguasai Afghanistan mengkhianati diri mereka sendiri Mobil sport Dibuat secara lokal. Mobil pertama yang diproduksi di Afghanistan disebut Mata 9.

Mada 9 masih berupa prototipe. Mobil tersebut telah dirancang oleh Institut Pendidikan Kejuruan Teknis Afghanistan dan perusahaan desain mobil ENTOP selama 5 tahun. Sebanyak 30 insinyur dan desainer terlibat dalam proyek pengembangan Mada 9.

Mada 9 terlihat seperti mobil Mobil super Gaya lamborghini. Berbagai guratan aerodinamis pada setiap bodi membuatnya terlihat ceria dan mengancam dari berbagai sudut. Rasa agresif ditingkatkan dengan penggunaan lampu LED tipis di area depan dan belakang.

Supercar buatan Afghanistan, Mata 9 Foto: Instagram/@entopco

Sekali lagi yang menarik, Mada 9 menggunakan pengaturan mid-engine Mobil sport Paling umum, distribusi bobot lebih merata, bobot mesin masih lebih tinggi, sehingga meningkatkan stabilitas traksi kendaraan.

Namun, dikutip Waktu India, Mada 9 tidak terdengar seperti Lamborghini dengan V12 yang mendebarkan. Mesin Mada 9 didasarkan pada Toyota Corolla 1.8 liter, 16 katup VVT-i, 4 silinder. Namun, mesinnya telah disetel untuk performa yang lebih bertenaga, meski angka teknisnya belum dirilis ke publik.

Mada 9 adalah supercar buatan AfghanistanSupercar buatan Afghanistan, Mata 9 Foto: Instagram/@entopco

Meski spesifikasi dan kemampuan mobil tersebut belum diungkapkan, pengumuman bahwa Taliban memiliki mobil buatan sendiri telah menarik perhatian global. Karena selama ini Afghanistan dikenal sebagai negara yang sarat konflik.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid membuat ‘donat’ di atas salju dan mengunggah Mada 9. Ia menghadiahkan supercar tersebut dengan keterangan bertuliskan “mobil buatan Afghanistan”.

Menurut laporan Tolo News, media lokal Afghanistan, salah satu insinyur Mada 9, Mohammad Riza Ahmadi, menjelaskan bahwa ini adalah satu-satunya mobil yang dibuat di Afghanistan, dan tidak ada pabrikan lain yang dapat melakukannya.

READ  5 Alasan Oranges Indonesia Diesbut-sebutan Dukung Invasi Rusia Ke Ukraina

“Yang istimewa dari mobil ini adalah dibuat di Afghanistan, tidak ada mobil seperti itu di dunia. Afghanistan adalah negara yang terkenal dengan perang dan konflik serta kesengsaraan, tetapi sekarang kendaraan seperti itu dibuat di sini,” katanya.

“Kedua, desainnya unik… ketiga kokoh dan ringan,” katanya.

Tonton videonya”Taliban melarang perempuan menghadiri perkuliahan, gerbang kampus dijaga tentara
[Gambas:Video 20detik]
(Manajemen/RGR)