April 24, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Tenaga rumah terbaik untuk pemilik sepeda motor dan mobil listrik

Tenaga rumah terbaik untuk pemilik sepeda motor dan mobil listrik

Jakarta, KOMPAS.com – Konsumen pertama kali Kendaraan listrik Anda perlu melakukan persiapan di banyak bidang, terutama memikirkan tentang pengisian daya.

Pada umumnya semua pabrikan membekali kendaraannya dengan peralatan pengisian daya khusus, yang: Mengisi daya di rumah, Pemasangan bateraiAtau Adaptor pengisi daya.

Dari segi kegunaan, konsumen tidak akan kesulitan mengisi baterai kendaraannya di rumah. Namun, jangan lupakan komplikasinya Tenaga listrik Rumah juga harus diperhatikan.

Seperti halnya perangkat elektronik, pengisi daya aki kendaraan mengambil listrik dari rumah dengan kapasitas yang bervariasi tergantung pada tingkat daya maksimum.

Baca juga: Fungsi lain dari sabuk pengaman berguna saat mobil mogok

Galangan kapal. PLN PLN memberikan diskon penambahan daya rumah tangga di IIMS 2024

Keadaan ini akhirnya menimbulkan pertanyaan, jika seseorang ingin membeli atau sudah membeli kendaraan listrik, berapa tegangan yang dibutuhkan di rumah?

Menanggapi pertanyaan tersebut Megandhara Vilanda, Retail Business Manager P.T PLN (Persero), berbagi perhitungan detail kisaran daya listrik yang dibutuhkan.

Tegangan listrik rumah tangga untuk pengisian daya dibedakan menjadi dua, yaitu Motor listrik, Mobil listrikatau keduanya secara bersamaan.

Untuk motor listrik, watt yang disarankan adalah sekitar 900 volt ampere (Va). Artinya, pasokan listrik rumah tangga standar pada kisaran 1.100 Va sudah lebih dari cukup.

Baca Juga: Baterai NMC Begitu Populer, BYD Akui Tak Repot

Deskripsi penambahan daya PLN.  Pelanggan PLN dapat melakukan perubahan daya PLN, mengurangi atau menambah daya PLN secara online apabila daya PLN di rumah kurang atau berlebihan.dokumen PLN Deskripsi penambahan daya PLN. Pelanggan PLN dapat melakukan perubahan daya PLN, mengurangi atau menambah daya PLN secara online apabila daya PLN di rumah kurang atau berlebihan.

“Pada umumnya motor listrik hanya membutuhkan 1,8 ampere, jadi sebenarnya daya 450 watt saja sudah cukup. Tapi kalau di rumah hanya ada 450 watt (volt-ampere) maka listriknya tidak bisa digunakan untuk hal lain.” Disarankan 900 watt,” ujarnya. Kompas.comSabtu (24/2/2024).

READ  Toyota Rice Type G merupakan alternatif menarik bagi Anda yang tidak menyukai lekukan lama

Sedangkan untuk mobil listrik, daya yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung spesifikasinya. Namun secara umum sebesar 3.500 Va untuk pengisian normal dan 7.000 Va untuk pengisian cepat.

“Sebagian besar merek mobil listrik memiliki rentang daya maksimum 50kW hingga 70kW. Semakin tinggi rentangnya, semakin cepat pengisiannya,” kata Megan.


Dapatkan pembaruan Berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Dengan mengklik link tersebut, kita akan bergabung dengan grup Telegram “Update Berita Kompas.com”. https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.