April 24, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Video mobil mengerem mendadak setelah keluar tol

Video mobil mengerem mendadak setelah keluar tol

Jakarta, KOMPAS.comjalur koordinat Ini digunakan oleh berbagai jenis driver di Indonesia. Salah satu yang paling berbahaya jalur koordinat Masyarakat keluar tol dengan cara keluar jalur cepat atau melakukan pengereman mendadak.

Misalnya video Jumat (1/3/2024) yang ditampilkan akun Dashcam Indonesia. Dalam tayangan tersebut, terlihat sebuah mobil sedan mengerem mendadak karena diduga meleset Keluar dari pintu tol.

Pengemudi di belakang mobil tiba-tiba membunyikan klakson dan mengerem. Untungnya, lalu lintas tidak terlalu padat dan kami dapat menghindari tabrakan dari belakang.

Baca Juga: Baterai NMC Begitu Populer, BYD Akui Tak Repot

“Dia ingin keluar, meleset dan langsung mengerem pelan di jalur tengah,” Tulis keterangan pada unggahan tersebut.

Jika dilihat dari log, kejadian tersebut terjadi di pintu tol Sinire-Zakoravi (Sijako). Sejak dibukanya gerbang tol, banyak pengemudi yang melangkah terlalu jauh, seharusnya keluar di gerbang tol Tebok-Antasari, malah langsung menuju Cineri.

Bahkan, beberapa waktu lalu viral sebuah video yang memperlihatkan beberapa mobil mundur keluar gerbang tol akibat menyalip.

Menanggapi hal tersebut, Marcel Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RTC), menjelaskan bahaya mundur di pintu tol.

“Kalau berbelok terlalu jauh, risikonya tinggi karena ada titik buta di belakang kendaraan besar,” kata Marcel kepada Kompas.com.

Marcel menegaskan, jika pengguna jalan tol ketinggalan pintu keluar atau salah jalur, maka tindakan terbaik adalah keluar di gerbang tol berikutnya.

Baca juga: Fungsi lain dari sabuk pengaman berguna saat mobil mogok

“Jika kita melewati gerbang tol, kita harus keluar di gerbang tol berikutnya, jangan mundur seperti postingan di media sosial,” kata Marcel.

READ  Sangat cantik! Mitsubishi Xpander telah mengganti atapnya dengan penggantian gaya non-standar

Marcel juga berbagi tips agar pengemudi tidak ketinggalan atau mengantisipasi pintu keluar tol yang dituju.

Kompas.com/Donny Pengemudi terpaksa memutar balik di Tol Chijago setelah melaju terlalu jauh

Pertama, rencanakan perjalanan. Pastikan Anda merencanakan ke mana Anda ingin pergi. Dengan memahami rute dan daerah tujuan, hal seperti kehilangan pintu tol tidak akan terjadi.

Kedua, pastikan Anda selalu memperhatikan rambu-rambu informasi jalan agar tidak terganggu saat berkendara. Di depan gerbang tol pasti akan ada papan pengingat yang menunjukkan informasi rute yang harus diambil. Perhatikan dan pahami rambu-rambu yang ada di pintu tol.

Baca Juga: Dealer Chery Singgung Kepri

Ketiga, pengemudi dapat menggunakan aplikasi tambahan seperti Google Maps atau Waze untuk memberi tahu mereka kapan harus keluar tol. Namun saat menggunakannya disarankan untuk tidak terlalu sering melihat aplikasinya, lebih aman menggunakan perintah suara dibandingkan melihat ponsel.

Keempat, jika terlanjur kelewatan, keluarlah dari pintu tol berikutnya dan cari jalan baru. Kalaupun Anda memutuskan untuk parkir di tengah jalan, jangan sekali-kali menoleh ke pinggir pintu tol. Tindakan ini berbahaya bagi Anda dan pengguna jalan lainnya.


Dapatkan pembaruan Berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com” dengan klik linknya https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.