Juni 16, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Video viral Innova Zenix gagal diskalakan karena kehilangan daya tarik

Video viral Innova Zenix gagal diskalakan karena kehilangan daya tarik

KLATEN, KOMPAS.com – Beredar video Innova Genix gagal melewati tanjakan tajam di jalan aspal. Dalam video tersebut terlihat roda depannya berputar Atau berputar terlalu cepat menandakan hilangnya traksi.

Meski jalanan licin, pengemudi mencoba melakukan manuver zig-zag agar cengkeraman tapak ban kembali normal. Namun upaya tersebut gagal karena roda depan terus berdecit sebagai pengemudi.

Akhirnya setelah didorong oleh beberapa warga sekitar, mobil tersebut berhasil melaju. Video tersebut menjadi viral setelah diunggah oleh akun Instagram @achmad_subehi dan mendapat beragam komentar dari warganet.

Baca Juga: Jalan Bebas Tol Semarang hingga Sirban, Seberapa Irit Yaris Cross dan Innova Genix Hybrid?

Ada yang meragukan kemampuan pengemudinya, ada yang menyayangkan Innova Genix berpenggerak roda depan, dan ada pula yang menawarkan trik seperti menurunkan tekanan ban dan mengemudi mundur.

Meski belum diketahui apakah Innova Zenix merupakan varian hybrid atau bermesin ICE, namun yang pasti seluruh varian Zenix bertransmisi otomatis dan menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD).

Direktur Pelatihan Jakarta Defensive Driving (JDTC) Jusri Bulubuhu mengatakan mobil dengan sistem FWD lebih rentan tergelincir saat mendaki bukit dan memerlukan keahlian khusus karena kondisinya licin.

“Jika ingin melewati rintangan licin atau menanjak, jangan menginjak pedal gas terlalu keras karena pengendara roda depan mudah kehilangan grip. Jika ban mobil berputar, kendaraan justru akan meluncur menuruni bukit. , atau tetap di tempat,” kata Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca Juga: Rasakan Indahnya Nepal Wan Java dengan Innova Genix Hybrid

Tangkapan layar Innova Zenix memerlukan mode pengoperasian yang sedikit berbeda sehingga lebih cenderung menanjak.

Jusri awalnya memastikan roda berputar perlahan dan traksi tetap terjaga. Berbeda dengan kelakuan pengemudi Innova Genix dalam video viral tersebut.

READ  Berani dan galak! Yamaha Lexi 2024 Siap Tampil dengan Mesin Besar dan Bobot Ringan!

Gunakan rem tangan untuk mencegah kendaraan tergelincir saat mobil mulai melaju, lalu turunkan rem tangan dan tekan gas secara mantap dan bertahap, jangan terburu-buru menginjak pedal gas, kata Jusri.

Head of Technology Nasmoco Demak, Eko Sulistyo mengatakan, Innova Zenix dibekali transmisi otomatis dan FWD sehingga memerlukan mode pengoperasian khusus saat menanjak.

Baca Juga: Bawa Yaris Cross dan Genix Hybrid ke Negeri Di Atas Awan

Masyarakat kerap meragukan apakah Innova Genix menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD).Tangkapan layar Masyarakat kerap meragukan apakah Innova Genix menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD).

“Pengemudi bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut Kontrol traksiDefaultnya aktif, jadi pastikan Anda tidak mengubahnya Palsu Jadi fiturnya aktif, lalu pakai akselerasi rendah dan nyalakan gas pelan-pelan, kata Eko Kompas.com, Senin (15/4/2024).

Lingkungan berkata, Kontrol traksi Membatasi putaran mesin dan mengerem secara otomatis ketika roda mulai mendeteksi selip. Dengan begitu, traksi atau cengkeraman pada tapak ban tetap terjaga dengan baik.

“Selain itu setiap mobil ada batasnya, kalau tanjakannya terlalu tinggi maka mobilnya tidak sanggup, jadi jangan dipaksakan, mending cari alternatif, selain itu skill pengemudinya juga penting, ” kata Eko.

Baca Juga: Innova Genix Hybrid Jual Lebih Baik Dibanding Genix Bensin

Permukaan jalan yang licin, baik basah maupun berpasir, dapat mempengaruhi tingkat kesulitan melewati suatu lereng selain kemiringan medan jalan, kata Eko. Jadi ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan.


mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.