Juli 20, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Xiaomi 12 Lite di Indonesia mendapat HyperOS, begini tampilannya

Xiaomi 12 Lite di Indonesia mendapat HyperOS, begini tampilannya

KOMPAS.com – Tersedia hiperOSAntarmuka baru Xiaomi mengubah MIUI Menyebar ke Indonesia. Xiaomi 12 Lite Sekarang kami juga memiliki pembaruan berdasarkan HyperOS Android 14.

Ketersediaan HyperOS untuk Xiaomi 12 Lite muncul tanpa pengumuman. Saat kami memeriksanya di tim Xiaomi 12 Lite KompasTekno secara manual, Meningkatkan HyperOS akan tersedia pada 30 Januari 2024.

Baca Juga: Daftar Ponsel Xiaomi di Indonesia yang Lebih Awal Dapat HyperOS

Pembaruan hadir dalam versi 1.0.2.0 dan berukuran 5,2 GB. Secara umum, pembaruan berfokus pada tampilan antarmuka ponsel yang ramping, lebih segar dan interaktif dibandingkan antarmuka sebelumnya.

Namun pembaruan ini membuat pengalaman navigasi ponsel menjadi lebih lancar dibandingkan sebelumnya. Apa saja fitur baru di HyperOS? Berikut ulasannya.

HyperOS memiliki tampilan yang serupa MIUITapi ada hal lain

Sebelum menggunakan HyperOS, Xiaomi tergabung dalam tim 12 Lite KompasTekno Ini menjalankan MIUI 14.0.7 berdasarkan Android 13. Jika dibandingkan dengan HyperOS, bisa dikatakan antarmukanya mirip.

Namun banyak detail yang diubah Xiaomi, termasuk ikon berbagai tombol di ponselnya. Misalnya saja ikon tombol “Share” alias Berbagi File.

Baca Juga: Coba Poco X6 Pro 5G, Ponsel Poco Tercepat dengan HyperOS

Di MIUI 14.1.7, tombol share ditandai dengan ikon kotak dengan panah ke atas. Sedangkan di HyperOS, ikon tombol berubah menjadi kotak dengan panah miring 45 derajat di kanan atas.

Kompas.com/Lely Maulida Tampilan ikon tombol di MIUI vs HyperOS

Nantinya, tombol Edit juga berubah dari yang tadinya ikon kotak dengan beberapa garis di pojok kanan atas menjadi ikon pensil dengan garis di bawah.

Beberapa tombol lain juga dibuat sedikit lebih besar di HyperOS. Namun formatnya masih sama. Antarmuka HyperOS masih sama dengan MIUI sebelumnya.

READ  Spesifikasi PC Gaming Renegade Rooftop

Misalnya saja tampilan berbagai aplikasi secara berurutan dari atas ke bawah di layar utama, serta pembagian aplikasi berdasarkan kategorinya. Namun ukuran ikon aplikasi di HyperOS dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna.

Selain itu, latar belakang ikon aplikasi dapat diubah dalam beberapa pilihan warna dimulai dengan warna bawaan, Biru, hijau, ungu atau coklat. Namun perubahan warna ini hanya berlaku pada aplikasi tertentu, misalnya aplikasi bawaan ponsel.

Menu Kontrol Ukuran Ikon Aplikasi dan Tampilan Panel Kontrol di HyperOS Xiaomi 12 LiteKompas.com/Lely Maulida Menu Kontrol Ukuran Ikon Aplikasi dan Tampilan Panel Kontrol di HyperOS Xiaomi 12 Lite

Pindah ke desain panel kontrol HyperOS, desainnya sama dengan MIUI 14.0.7. HyperOS seolah menata ulang urutan berbagai tombol menjadi lebih rendah. Dari sebelumnya tiga lapis menjadi dua lapis.

Namun, berbagai tombol kontrol dapat ditambahkan ke ketiganya Lapisan Seperti sebelumnya.

Baca Juga: Menunggu HyperOS? Inilah cara mengecek apakah HP Xiaomi kamu tersedia atau tidak

Dibandingkan dengan deskripsi Xiaomi di situs web Xiaomi bersifat universal tentang HyperOS, antarmuka ini mengusung desain panel kontrol Baru.

Salah satunya adalah tombol pengatur musik yang berada di sebelah tombol pengatur kecerahan dan volume layar. Sayangnya kami tidak melihat perubahan ini di HyperOS Xiaomi 12 Lite.

Anda dapat menyesuaikan tampilan layar kunci

Salah satu fitur menarik di HyperOS adalah Options biasa Layar kunci Layar kunci. Ada banyak hal yang dapat disesuaikan pengguna di layar kunci font Untuk warna jam atau tanggal, foto wallpaper, filter wallpaper.

Pengguna dapat menambahkan tanda tangan berbasis teks pada ponselnya sebagai penanda khusus.

Tampilan berbagai opsi penyesuaian layar kunci Xiaomi 12 Lite HyperOSKompas.com/Lely Maulida Tampilan berbagai opsi penyesuaian layar kunci Xiaomi 12 Lite HyperOS

HyperOS juga menawarkan beberapa desain layar kunci, mulai dari Klasik, Belah Ketupat hingga Majalah. Meski desainnya berbeda-beda, pengguna bisa menyesuaikan desain mana yang mereka pilih.

READ  Pisahkan Inikah Cara Kerja Tombol Edit Twitter?

Baca Juga: Xiaomi Ungkap Logo HyperOS, Ini Artinya

Dengan dukungan kustomisasi ini, pengguna dapat membuat layar kunci ponselnya lebih personal sesuai preferensinya.

Aplikasi cuaca akan ditampilkan sesuai kondisi

Tampilan aplikasi Cuaca (Weather) di HyperOS didesain sangat menarik. Pasalnya, tampilannya didesain mengikuti kondisi cuaca terkini di area pengguna.

Misalnya, ketika cuaca di sekitar pengguna sedang cerah, maka tampilan aplikasi Cuaca akan bernuansa langit cerah berawan. Namun jika cuaca sedang hujan, maka… Latar belakang Aplikasi ini juga akan menampilkan tampilan hujan.

Tampilan aplikasi cuaca di HyperOS Xiaomi 12 LiteKompas.com/Lely Maulida Tampilan aplikasi cuaca di HyperOS Xiaomi 12 Lite

Perbedaan lainnya dengan MIUI 14.0.7 adalah tingkat kelembapan dan informasi lain yang ditampilkan di aplikasi dirancang lebih interaktif.

Pengguliran halus

Meski tampilan keseluruhannya mirip dengan MiUI 14.0.7, namun pengalaman scrolling yang kami rasakan saat menavigasi menu di HyperOS lebih lancar.

Faktanya, Xiaomi 12 Lite mendukungnya Tingkat pembaruan layar 120Hz. Jadi, pengalaman Menggulir Meskipun kami menggunakan MiUI 14.0.7 kami merasa lancar.

Baca Juga: Poco X6 dan X6 Pro Resmi Diluncurkan dengan HyperOS

perbedaan, Menggulir Terasa sedikit lebih ringan di HyperOS. Alhasil, pengalaman navigasi dan scrolling tampilan layar terasa mulus.

Ada font baru

Dengan HyperOS, Xiaomi menawarkan font Mise-en-adegan. Font ini tidak tersedia di MIUI. Menurut Xiaomi, MiSans mendukung 600 bahasa dan lebih dari 20 sistem penulisan.

Format teks ini menjadi alternatif bagi pengguna yang ingin mengubah font default antarmuka sebelumnya.

Selain memungkinkan pengguna mengubah jenis font, HyperOS juga menawarkan enam pilihan ukuran font, XXS hingga XXL. Khusus untuk font MiSans, pengguna bisa mengatur ketebalan hurufnya.

Tampilan opsi font MiSans di HyperOS Xiaomi 12 LiteKompas.com/Lely Maulida Tampilan opsi font MiSans di HyperOS Xiaomi 12 Lite

Pengguna juga dapat menggunakan font Ditawarkan oleh berbagai pengembang. Berbagai jenis font Tersedia yang berbayar dan gratis.

READ  Setelah Galaxy Z Fold 4, ponsel lipat lama dan tablet Samsung akan mendapatkan Android 12L

Selain menghadirkan HyperOS, cara ini juga menghadirkan pembaruan sistem untuk Xiaomi 12 Lite. koneksi Keamanan untuk bulan Januari.

Baca Juga: Menunggu HyperOS? Inilah cara mengecek apakah HP Xiaomi kamu tersedia atau tidak

Jadi, jika Anda memiliki perangkat Xiaomi, Anda dapat memeriksa menu Pengaturan > Tentang ponsel untuk memeriksa ketersediaan pembaruan HyperOS. Mungkin Meningkatkan HyperOS tersedia dan dapat diinstal.

Pengguna ponsel Xiaomi, Redmi atau Poco juga dapat mencoba cara yang sama untuk memeriksa apakah mereka dapat mengunduh HyperOS.


Dapatkan pembaruan Berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com” dengan klik linknya https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.