Juni 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

125 makam kuno ditemukan di pemakaman era Romawi di Gaza: Okezone News

125 makam kuno ditemukan di pemakaman era Romawi di Gaza: Okezone News

Gaza – Arkeolog bekerja di makam Romawi berusia 2.000 tahun Gaza Setidaknya 125 kuburan telah ditemukan dalam satu tahun terakhir, sebagian besar berisi kerangka utuh dan dua sarkofagus timah langka, menurut Kementerian Purbakala Palestina.

Wilayah Palestina yang miskin adalah pos perdagangan penting bagi peradaban yang dapat ditelusuri kembali ke Mesir kuno dan Filistin yang dijelaskan dalam Alkitab, Kekaisaran Romawi, dan Perang Salib.




Di masa lalu, arkeolog lokal telah mengubur kembali temuan mereka karena kekurangan dana, tetapi perusahaan Prancis telah membantu menggali situs tersebut, yang ditemukan pada Februari tahun lalu oleh kru konstruksi yang mengerjakan proyek perumahan yang didanai Mesir.

“Ini pertama kalinya kami menemukan makam dengan 125 kuburan di Palestina, dan ini pertama kalinya kami menemukan dua sarkofagus timah di Gaza,” Fadel Al-A’utul, seorang ahli di Sekolah Alkitab dan Arkeologi Prancis, mengatakan kepada Reuters.

Ikuti Okezone News berita Google


Salah satu dari dua sarkofagus dihiasi dengan gambar anggur dan yang lainnya dengan lumba-lumba, kata A’Thoul, yang mengawasi pemasangannya dengan bantuan lembaga bantuan Prancis Premier Argans International.

“Kami membutuhkan dana untuk melestarikan situs purbakala ini agar sejarah tidak hilang,” imbuhnya.

READ  Ella...wisatawan ini dijanjikan pemandangan yang indah, tapi hanya terlihat melalui CCTV

Audul mengatakan dia berharap situs itu akan menjadi objek wisata dengan museum untuk memamerkan temuannya.

Meski cuaca panas, setidaknya 25 insinyur dan teknisi terlibat dalam penggalian, pembersihan lahan, dan perlindungan bangunan pada Minggu (23/7/2023). Guci tanah liat yang ditemukan di beberapa kuburan juga telah disatukan.

“Ini belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Jamal Abu Reida, direktur jenderal Kementerian Arkeologi Gaza.

“Ini memperdalam akar Palestina di tanah ini dan menunjukkan bahwa mereka berusia ribuan tahun,” katanya.

Gaza telah berada di bawah blokade ekonomi Israel-Mesir sejak 2007 ketika Hamas, sebuah kelompok militan Islam yang menentang perdamaian dengan Israel, mengambil kendali. 2,3 juta warga Palestina di wilayah pesisir yang sempit telah mengalami banyak perang.

Pembicaraan perdamaian yang ditengahi AS yang bertujuan untuk mendirikan negara Palestina di Tepi Barat, Gaza, dan Yerusalem Timur runtuh pada tahun 2014 dan tidak menunjukkan tanda-tanda kebangkitan.

Konten di bawah ini disediakan oleh pengiklan. Wartawan Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.