Juli 21, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

25 negara, termasuk AS, ‘mendesak’ pemulangan warganya dari Israel

25 negara, termasuk AS, ‘mendesak’ pemulangan warganya dari Israel

Dunia Hidup – Pemerintah di seluruh dunia telah mengatur penerbangan penyelamatan dan antisipatif dari Tel Aviv sebagai respons terhadap perang Israel-Gaza yang sedang berlangsung.

Baca selengkapnya:

Doa Habib Umar bin Hafiz untuk warga Palestina di Gaza

Nah, seperti dilansir Al Jazeera pada Jumat 3 November 2023, berikut daftar pemerintah yang mengatur penerbangan khusus untuk membantu warganya meninggalkan Israel pada minggu ini dan minggu depan.

1. Australia

Baca selengkapnya:

Terpopuler: Postingan Umi Bibik Picu Kontroversi, Viral Ivan Gunawan Diwawancarai TikToker Cilik

.

.

Australia telah mengatur dua penerbangan pada hari Jumat dan Minggu untuk membawa pulang warganya dari Israel, kata Perdana Menteri Anthony Albanese pada hari Rabu.

Baca selengkapnya:

Paling terkenal: Ramalan horoskop hingga aroma musk menyebar di Gaza

2.Austria

Austria mengatakan telah mulai mendeportasi warga negara Austria dari Israel pada hari Rabu. Sebuah pesawat angkut yang membawa sekitar 60 penumpang lepas landas dari Pangkalan Udara Harsching di Austria Hulu menuju Siprus. Dari sana, warga negara Austria akan didatangkan dari Israel.

3. Brasil

Penerbangan repatriasi ketiga yang membawa 69 warga Brasil meninggalkan Israel pada Kamis malam dengan 212 dan 211 penumpang pada Rabu dan Kamis pagi, kata kedutaan Brasil di Tel Aviv. Dua penerbangan lagi dijadwalkan hingga Minggu.

4. Kanada

Air Canada akan mengoperasikan dua penerbangan khusus dari Athena pada hari Jumat dan Sabtu untuk membawa pulang warga Kanada dan penduduk tetap dari Israel. Sekitar 1.000 warga Kanada di Israel ingin meninggalkan Israel, kata Pusat Urusan Israel dan Yahudi pada Selasa.

5. Cabai

Sebanyak 209 warga Chile dievakuasi dari Israel ke Athena dan Madrid dengan tiga penerbangan Boeing 737, kata Kementerian Luar Negeri Chile melalui media sosial pada Kamis.

6. Kolombia

.

Deskripsi penerbangan.

Deskripsi penerbangan.

Penerbangan awal dengan 110 warga Kolombia mendarat pada hari Jumat di pangkalan udara Komando Penerbangan Militer di pinggiran Bogotá, kata kementerian luar negeri melalui media sosial.

READ  Aziz Yanuvar akan mengucapkan terima kasih dan segera mendatangi Polda dan membebaskan Habib Reeseke

7. Siprus

Dewan Menteri Siprus pada hari Selasa menerapkan program repatriasi yang disebut Estia, yang menyediakan akomodasi sementara dan bantuan kepada warga negara UE dan negara berkembang yang melarikan diri dari daerah yang terkena krisis.

Pejabat penerbangan mengatakan 11 penerbangan tambahan ke dan dari Israel dijadwalkan pada hari Senin. Ini termasuk rencana pemulangan sekitar 150 jamaah Siprus dari Israel pada hari Senin.

8. Republik Ceko

Menteri Luar Negeri Ceko Jan Lipavsky membawa 34 warga Ceko dari Israel dengan penerbangan kenegaraan yang singgah di negara tersebut dalam perjalanan pulang dari menghadiri konferensi di Oman.

Menteri tersebut, yang merupakan pejabat asing pertama yang mengunjungi Israel sejak serangan tersebut, mengatakan bahwa pemerintah Ceko tidak mengesampingkan pengiriman pesawat repatriasi lagi ke Israel. Lipavsky tiba di Israel pada hari Selasa dan mendarat di Praha pada hari Rabu.

9. Denmark

Pemerintah Denmark menyediakan pesawat kargo C-130 Hercules, yang dapat mengangkut sekitar 120 penumpang, untuk mengevakuasi warganya, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Denmark. Kementerian mengatakan penerbangan tidak akan beroperasi sebelum hari Jumat.

10. Finlandia

Penerbangan evakuasi pertama warga Finlandia dari Israel dibatalkan karena masalah teknis, kata Jussi Tanner, Direktur Jenderal Pelayanan Diplomatik Kementerian Luar Negeri, melalui media sosial. Penerbangan gabungan Swedia dan Finlandia yang dijadwalkan pada hari Jumat dan penerbangan evakuasi kedua dari Finlandia masih direncanakan, kata Tanner.

11. Perancis

Prancis akan menawarkan penerbangan pulang pergi tambahan dari Tel Aviv pada hari Jumat dan Sabtu setelah penerbangan khusus Air France pada hari Kamis.

12. Jerman

Maskapai penerbangan Jerman Condor pada hari Minggu berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Jerman untuk menjadwalkan dua penerbangan kurang dari 500 penumpang untuk mengevakuasi warga Jerman dari kota Aqaba di Yordania dekat perbatasan Israel.

Lima ribu warga Jerman telah mendaftar untuk meninggalkan Israel, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri pada hari Rabu, seraya menambahkan bahwa kementerian tersebut tidak dapat mengatakan berapa banyak warga yang telah meninggalkan Israel sejauh ini.

13. Islandia

Kementerian Luar Negeri Islandia mengatakan sebuah penerbangan yang membawa 126 warga Islandia, lima warga Norwegia, empat warga Norwegia, dan 12 warga Jerman, serta awak pesawat dan perwakilan kementerian, berangkat ke Keflavík di Islandia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri mengatakan pesawat itu disewa dan dibayar oleh pemerintah Islandia.

14. Italia

Italia mengatur tujuh penerbangan pada Selasa dan Rabu sebagai bagian dari upaya memulangkan sekitar 900 warga Italia dari Israel, kata Kementerian Luar Negeri Italia.

15. Meksiko

Penerbangan terakhir yang membawa pulang warga Meksiko dari Israel mendarat pada hari Kamis. Pemerintah Meksiko mengatakan pada Senin malam bahwa militer Meksiko telah melakukan penerbangan kemanusiaan yang bertujuan untuk memulangkan warganya.

Sekitar 5.000 warga Meksiko berada di Israel, dan sekitar 300 orang telah meminta untuk meninggalkan Israel, kata Presiden Andres Manuel Lopez Obrador.

16. Belanda

.

Deskripsi penerbangan.

Deskripsi penerbangan.

Belanda akan melanjutkan penerbangan repatriasi selama diperlukan untuk memulangkan warganya dari Israel, kantor berita Belanda ANP melaporkan, mengutip pemerintah.

Kementerian luar negeri Belanda mengirim pesawat militer ke Israel pada hari Kamis setelah maskapai penerbangan KLM mengatakan kepada pemerintah Belanda bahwa mereka telah menarik tawaran penerbangan tersebut karena alasan keamanan.

17. Norwegia

Norwegia Air membatalkan penerbangan evakuasi terjadwal dari Tel Aviv ke Oslo pada hari Kamis karena kurangnya asuransi, kata maskapai tersebut.

18. Polandia

Polandia akan mengirim pesawat militer untuk mengevakuasi warganya dari Israel, kata Presiden Andrzej Duda pada hari Minggu. Menteri Pertahanan Mariusz Blaszak mengatakan Polandia mengirimkan dua pesawat Hercules C-130 untuk mengevakuasi sekitar 200 warga Polandia dari Bandara Ben Gurion.

19. Portugal

Sebuah pesawat militer Portugis tiba di Lisbon pada hari Kamis dengan 22 orang – delapan warga negara Portugal dan 14 orang asing – mengakhiri misi negara tersebut untuk memulangkan warganya yang ingin meninggalkan Israel, kata Kementerian Luar Negeri.

READ  Bos tentara bayaran Rusia dibunuh oleh pasukan khusus Ukraina

20. Korea Selatan

Sebuah penerbangan Korean Air dari Tel Aviv yang membawa 192 warga negara Korea Selatan tiba di Bandara Incheon di luar ibu kota Seoul pada hari Rabu.

21. Spanyol

Menteri Pertahanan Margarita Robles mengatakan pada hari Selasa bahwa Spanyol telah mengirim dua pesawat militer ke Israel untuk mengevakuasi sekitar 500 warga Spanyol.

Sebuah pesawat Airbus A330 yang membawa lebih dari 200 warga Spanyol, warga negara Uni Eropa dan warga negara lain yang tinggal di Spanyol mendarat di pangkalan militer Torrejon de Artos di pinggiran Madrid pada hari Rabu.

22. Swiss

Warga negara Swiss itu diterbangkan dari Israel ke Zurich pada hari Selasa dengan penerbangan yang dioperasikan oleh Swiss International Air Lines.

23. Thailand

Perdana Menteri Shretha Thavisin mengatakan di media sosial pada hari Senin bahwa evakuasi akan segera dimulai. Pada hari Kamis, 15 warga negara Thailand tiba di Bandara Internasional Suvarnabhumi Bangkok dari Tel Aviv.

24. Ukraina

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Oleg Nikolenko mengatakan di Facebook bahwa lebih dari 1.000 warga Ukraina telah meminta bantuan untuk meninggalkan Israel, dan penerbangan evakuasi ke Rumania akan diatur mulai Sabtu.

Nikolenko mengatakan sekitar 200 warga Ukraina telah meminta untuk meninggalkan Jalur Gaza, namun terlalu berbahaya untuk melakukannya saat ini.

25. Amerika

Departemen Luar Negeri AS akan menyediakan penerbangan carter untuk membantu warga Amerika meninggalkan Israel mulai Jumat, kata Gedung Putih setelah negosiasi ekstensif dengan maskapai penerbangan AS dan tekanan dari Kongres.

Halaman selanjutnya

5. Cabai

Halaman selanjutnya